Pendaftaran Seleksi CPNS Kemenag 2024 Sudah Dibuka, Ini Rincian Formasinya

Pendaftaran Seleksi CPNS Kemenag 2024 Sudah Dibuka, Ini Rincian Formasinya

--

RAKYATBENTENG.COM - Pendaftaran seleksi CPNS Kementerian Agama sudah mulai dibuka hari ini 1 September dan berakhir 14 September 2024.

Melansir dari laman resmi kemenag.go.id, untuk pendaftaran seleksi CPNS, Kemenag menyediakan 20.772 formasi secara total. Sebanyak 5.915 di antaranya bisa diikuti lulusan Ma'had Aly.

"Kami bertekad memberikan kesempatan kepada santri Ma'had Aly untuk berpartisipasi dalam seleksi CPNS Kemenag. Ini merupakan inisiatif yang baru pertama kali dilakukan," ungkap Menag Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Sabtu (31/8/2024).

BACA JUGA:Jadwal Penetapan dan Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada

BACA JUGA:Smartphone Baru Realme 13 4G Hadirkan Spesifikasi Gaming dan Kamera Mumpuni

"Kami serius, dan telah menyediakan 5.915 formasi. Ini melebihi 25% dari total formasi CPNS Kemenag tahun ini," lanjut Gus Men, sapaan akrab Menag.

Selain untuk lulusan Ma'had Aly, tambah Gus Men, Kemenag juga membuka akses bagi penyandang disabilitas, putra/putri Papua, serta putra/putri Kalimantan yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Terdapat pula formasi untuk lulusan terbaik atau cumlaude.

"Proses seleksi CPNS ini kami rancang agar Kemenag lebih inklusif terhadap penyandang disabilitas serta mendukung pengembangan IKN," tegas Gus Men.

BACA JUGA:Megathrust Mengancam, Pemprov Keluarkan Surat Edaran Waspada, Ini Isinya

BACA JUGA:Sering Dipakai Buat Masak, Ternyata 4 Minyak Goreng Ini Kurang Baik bagi Kesehatan Tubuh

Sekjen Kemenag, M Ali Ramdhani, merinci formasi khusus yang dialokasikan bagi lulusan Ma'had Aly.

Terdapat 3.714 formasi untuk Penghulu, 1.398 formasi untuk Penyuluh Agama Islam, 12 Guru Ilmu Tafsir, 686 Pengawas Jaminan Produk Halal (PJPH), 71 Pentasih Al-Qur'an, dan 34 formasi untuk Pengembang Tafsir Al-Qur'an.

"Kami juga menyediakan 418 formasi untuk penyandang disabilitas, 559 formasi untuk putra/putri Papua, 1.040 formasi untuk putra/putri Kalimantan, serta 138 formasi untuk lulusan terbaik atau cumlaude," jelas Kang Dhani, panggilan akrabnya.

BACA JUGA:Heboh! Warga Padang Ulak Tanjung Temukan Jasad Bayi di Pinggir Jalan

BACA JUGA:Katalog Promo JSM Indomaret 30 Agustus-1 September 2024: Kebutuhan Pribadi, Dapur, Rumah Tangga, Ibu dan Anak

"Bagi yang berminat, pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan membuat akun melalui situs https://sscasn.bkn.go.id," tambahnya.

Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag, Wawan Djunedi, menambahkan bahwa formasi Lulusan Terbaik dikhususkan bagi pelamar yang lulus dengan predikat “dengan pujian”/cumlaude dari jenjang pendidikan minimal Sarjana (S-1), bukan Diploma Empat (D-IV), dari perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi A/Unggul dan Program Studi yang juga terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan.

"Formasi ini juga tersedia bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri yang ijazahnya telah disetarakan dan telah mendapat surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara “dengan pujian”/cumlaude dari kementerian terkait," kata Wawan.

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi Novel yang Membahas Maskulinitas, Tertarik Membaca?

BACA JUGA:Ini Dia Deretan Smartphone Miliki Kualitas Kamera Seperti IPhone

Untuk formasi penyandang disabilitas, lanjut Wawan, pelamar perlu melampirkan surat keterangan dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menjelaskan jenis dan tingkat disabilitasnya, serta video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari sesuai dengan jabatan yang dilamar.

Formasi Putra/Putri Papua mensyaratkan pelamar merupakan keturunan asli Papua berdasarkan garis keturunan ayah dan/atau ibu asli Papua, yang dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir serta surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku.

Formasi Putra/Putri Kalimantan diperuntukkan bagi pelamar yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara, dengan syarat memiliki Kartu Tanda Penduduk di Kabupaten/Kota Kalimantan pada saat pendaftaran di SSCASN.

BACA JUGA:Simak! Ini Tips Foto untuk Pendaftar CPNS 2024 Berhijab agar Lolos Seleksi Administrasi

BACA JUGA:Seleksi CPNS 2024: Lupa Password Akun SSCASN? Begini Cara Mengatasinya

"Usia pelamar untuk seleksi CPNS Kemenag minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat pendaftaran. Khusus untuk formasi Dosen dengan kualifikasi pendidikan Strata Tiga (S-3/Doktor), usia maksimal 40 tahun saat melamar," jelas Wawan.

Berikut beberapa tanggal penting dalam tahapan seleksi CPNS Kemenag 2024:

1. Pengumuman, 31 Agustus - 14 September 2024
2. ⁠Pendaftaran, 1 sd 14 September 2024
3. ⁠Seleksi Administrasi, 1 - 16 September 2024
4. ⁠Pengumuman hasil seleksi administrasi, 17 September 2024
5. ⁠Pelaksanaan SKD CPNS, 16 Oktober - 14 November 2024
6. ⁠Pengumuman hasil SKD CPNS, 17 - 19 November 2024
7. ⁠Pelaksanaan SKB CPNS Non CAT, 12 November - 17 Desember 2024
8. ⁠Pelaksanaan SKB CPNS dengan CAT, 9- 20 Desember 2024
9. ⁠Pengumuman Hasil CPNS, 5 - 12 Januari 2025
10. ⁠Pengisian DRH NIP CPNS, 23 Januari - 21 Februari 2025
11. ⁠Usul Penetapan NIP CPNS, 22 Februari - 23 Maret 2025

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: