Hidup Sehat dengan 4 Sehat 5 Sempurna Atau Gizi Seimbang?

Hidup Sehat dengan 4 Sehat 5 Sempurna Atau Gizi Seimbang?

ilustrasi--

3. Melakukan aktivitas fisik yang seimbang melibatkan keseimbangan asupan dan pengeluaran. Selain berfokus pada jenis dan jumlah zat gizi yang diberikan, gizi seimbang juga berfokus pada pelepasan zat gizi. Oleh karena itu, pilar pola makan seimbang juga mempengaruhi seluruh aspek aktivitas fisik. 

Hal ini untuk menjamin keseimbangan nutrisi di dalam dan di luar tubuh. Ketidakseimbangan antara asupan zat gizi dan aktivitas fisik dapat menimbulkan masalah gizi (malnutrisi atau gizi lebih).

4. Menjaga dan mengendalikan berat badan (BB) normal Pilar keempat pola makan seimbang berkaitan dengan pilar ketiga. Kamu tidak perlu khawatir apakah asupan dan konsumsi makanan Kamu seimbang. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan memeriksa BMI Kamu.

BACA JUGA:Razia Besar-besaran Mulai 4 Maret 2024, Cek di Sini Pelanggaran yang Jadi Target

BACA JUGA:Heboh Penampakan 2 Matahari di Langit Kepulauan Mentawai, Peneliti Meteorologi Sebut Fenomena

BMI Kamu dapat memberi tahu Kamu apakah berat badan Kamu normal. Jika BMI Kamu antara 18,5 dan 25,0, berat badan Kamu normal. Jika kurang dari 18,5 berarti Kamu kekurangan berat badan, dan jika lebih dari 25 maka Kamu kelebihan berat badan. 

Oleh karena itu, penting untuk memantau berat badan dan BMI Kamu. Jika BMI dan berat badan Kamu normal, pertahankan.

Namun jika kurang maka diperbesar, dan jika terlalu banyak maka dikurangi. Hal ini tentu mudah dilakukan jika keinginan Kamu untuk memiliki tubuh langsing sudah cukup kuat. Melihat Makan Seimbang Ada dua tampilan makan seimbang, yaitu Makan dengan Tumpeng Gizi Balancing dan Piringku. 

1. Timbangan Tumpeng Gizi (TGS) Timbangan Tumpeng Gizi dirancang untuk memberikan gambaran dan penjelasan sederhana, meliputi pedoman takaran saji, jenis makanan bergizi seimbang, aktivitas fisik, hidup bersih dan pengendalian berat badan.

2. Piring Makanku (Porsi Sekali Makan) Visualisasi memberikan panduan tentang porsi nutrisi seimbang, yang dikelompokkan berdasarkan jenis makanan.

BACA JUGA:Resmi! 1 Ramadan 1445 H Jatuh pada Tanggal Segini, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

BACA JUGA:Ngeri! Seorang Istri Nekat Potong Alat Kelamin Suami Saat Tertidur Pulas, Ini Pemicunya

Informasi umum tentang pola makan seimbang untuk segala usia Ada beberapa informasi umum tentang pola makan seimbang yang berlaku untuk segala usia, mulai dari bayi baru lahir hingga orang lanjut usia. 

Informasi umum tentang pola makan seimbang juga bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui. Berikut 10 pesan pola makan seimbang untuk segala usia.

• Syukuri dan nikmati anekaragam makanan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: