Resmi! 1 Ramadan 1445 H Jatuh pada Tanggal Segini, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Resmi! 1 Ramadan 1445 H Jatuh pada Tanggal Segini, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ilustrasi--

Resmi! 1 Ramadan 1445 H Jatuh pada Tanggal Segini, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 

RAKYATBENTENG.COM - Umat Muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia tentunya sudah tidak sabar menyambut datangnya bulan Suci Ramadan 1445 H/2024 M. 

Pasalnya bulan ramadan memiliki keistimewaan yang berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Di bulan ramadan pintu-pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup, setan pun dibelenggu. 

Kemudian bulan ramadan disebut juga bulan penuh kasih sayang, bulan pengampunan, bulan penuh keberkahan dimana setiap amal ibadah dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. 

Lantas kapankah awal puasa ramadan 2024? 

Untuk diketahui, Muhammadiyah telah resmi menetapkan 1 Ramadan 1445 H jatuh pada 11 Maret 2024, Idulfitri 1 Syawal pada 10 April, dan Puasa Arafah 9 Zulhijah pada 16 Juni, serta Iduladha 10 Zulhijah 1445 H pada 17 Juni 2024.

Kepastian informasi waktu-waktu penting umat Islam ini disampaikan oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah pada 20 Januari 2024 lalu melalui Konferensi Pers di Kantor PP Muhammadiyah, Jl. Cik Ditiro, No. 23, Kota Yogyakarta seperti dikutip dari situs resminya muhammadiyah.or.id.

BACA JUGA:Heboh Dugaan Rekayasa Nilai PDSS, Kadis Dikbud Provinsi Bengkulu Rapat dengan Kepsek dan Guru SMAN 5, Hasilnya

BACA JUGA:Cek Daftar Wilayah Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Hingga 8 Maret 2024, Bengkulu Termasuk

BACA JUGA:Siap-Siap, Polri Gelar Operasi Keselamatan 2024 Serentak Dimulai 4 -17 Maret, Incar Pelanggaran Ini

Keputusan penetapan tersebut dilakukan dengan menggunakan metode Hisab Wujudul Hilal Hakiki.

Sedangkan Pemerintah melalui Kementerian Agama baru akan menggelar Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024. Sidang Isbat akan dihelat di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Melansir dari kemenag.go.id sidang isbat akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, serta dihadiri para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam. Sidang ini juga akan melibatkan perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

Sidang Isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi). Pemaparan dilakukan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: