Hidup Sehat dengan 4 Sehat 5 Sempurna Atau Gizi Seimbang?

Hidup Sehat dengan 4 Sehat 5 Sempurna Atau Gizi Seimbang?

ilustrasi--

Sudahkah Kamu mengetahui perbedaan antara kedua prinsip ini?

Apabila belum, inilah perbedaan prinsip 4 Sehat 5 Sempurna dengan prinsip Gizi Seimbang.

Prinsip 4 Kesehatan 5 Kesempurnaan: Fokus hanya pada 5 makanan dalam pola makan seimbang Prinsip: Tekankan jenis dan jumlah zat gizi untuk mencapai empat pilar pola makan seimbang. Tulang punggung diet seimbang. 

BACA JUGA:Ramai Desakan Copot Kepala SMAN 5 Kota Bengkulu Pasca Dugaan Rekayasa Nilai PDSS Terbongkar, Gubernur Rohidin:

BACA JUGA:Viral! Higgs Domino Island Global Versi 2.24 Dengan Fitur Kirim, Simak Apa Saja Kelebihannya

4 pilar penting untuk mencapai tujuan gizi seimbang Kamu. Berpegang teguh pada empat pilar gizi seimbang dapat menyeimbangkan masukan dan keluaran zat gizi serta memberikan efek positif bagi tubuh. 

Inilah empat pilar pola makan seimbang. 

1. Makanlah makanan yang bervariasi Pilar penting pertama dari pedoman gizi seimbang adalah makan makanan yang bervariasi. Faktanya, kecuali ASI (untuk bayi usia 0-6 bulan), tidak ada satu pun makanan yang mengandung semua jenis nutrisi. 

Beragamnya jenis makanan dapat melengkapi kebutuhan gizi tubuh manusia dan membentuk apa yang disebut pola makan seimbang. Dengan mengonsumsi makanan yang bervariasi, Kamu bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

2. Kembangkan gaya hidup bersih. Pilar pola makan seimbang juga mencakup kebersihan diri. Mengembangkan pola hidup bersih merupakan pilar kedua dari prinsip gizi seimbang. 

Hal ini penting karena manfaat mengonsumsi berbagai jenis makanan akan terkalibrasi jika makanan tersebut terkontaminasi atau tubuh terinfeksi. 

BACA JUGA:Cek di Sini 35 Anggota DPRD Kota Bengkulu Terpilih Periode 2024-2029 Hasil Pleno KPU

BACA JUGA:Cek Dana Desa di 11 Desa Kecamatan Semidang Lagan Bengkulu Tengah Tahun 2024

Kontaminasi bakteri pada tubuh dan makanan dapat dihindari atau setidaknya dikurangi dengan meningkatkan kebersihan diri. 

Berikut beberapa kebiasaan membersihkan: Berlatihlah membersihkan tangan sebelum memegang makanan atau ASI. Tutupi makanan yang disajikan untuk mencegah penyebaran penyakit. Tutupi mulut dan hidung Kamu saat bersin. Kenakan sepatu untuk menghindari infeksi cacing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: