Hidup Sehat dengan 4 Sehat 5 Sempurna Atau Gizi Seimbang?

Hidup Sehat dengan 4 Sehat 5 Sempurna Atau Gizi Seimbang?

ilustrasi--

Hidup Sehat dengan 4 Sehat 5 Sempurna Atau Gizi Seimbang?

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Kamu mungkin pernah mendengar prinsip “4 kesehatan, 5 kesempurnaan”. Prinsip ini telah digantikan oleh prinsip pola makan seimbang. 

Yuk simak poin-poin penting Pedoman Gizi Seimbang (BGP) yang cocok untuk segala usia!

Dengan hadirnya Tumpeng Gizi Balancing (TGS) dan Piringku, Kamu dapat memahami visualisasi gizi seimbang sehingga memudahkan Kamu dalam memahami dan menerapkan gizi seimbang. 

Lihat juga informasi umum tentang pola makan seimbang untuk segala usia.

Apa Itu Gizi Seimbang? 

Pola makan seimbang mengacu pada prinsip mengonsumsi jenis dan jumlah zat gizi yang tepat setiap hari berdasarkan usia, jenis kelamin, kondisi fisiologis, dan karakteristik lainnya, dengan fokus pada empat pilar pola makan seimbang. 

Ada beberapa tujuan yang dapat dicapai dengan menerapkan pola makan seimbang, yaitu mendorong tumbuh kembang yang optimal terutama pada anak untuk menjaga kesehatan. 

BACA JUGA:Info Penting! Polri Bakal Rekrut 10.000 Orang untuk Penempatan di Papua, Dimulai Bulan April 2024, Berminat?

BACA JUGA:Pj Kepala Daerah di Provinsi Bengkulu Langgar Netralitas ASN di Pemilu 2024, KASN Minta Mendagri Evaluasi

Menunjang aktivitas dan fungsi sehari-hari, menyimpan zat gizi untuk memenuhi kebutuhan tubuh, serta mencakup prinsip gizi seimbang, 4 prinsip kesehatan, dan 5 prinsip keutuhan. 

Prinsip 4 kesehatan dan 5 kesempurnaan menekankan bahwa hanya ada 5 jenis makanan yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan dan susu. 

Bila asupan nutrisi harian Kamu mencakup lima makanan ini, Kamu sudah menerapkan prinsip ini. Seiring berjalannya waktu dan munculnya masalah gizi, prinsip ini tidak lagi berlaku. 

Pola makan bergizi seimbang tidak hanya memerlukan pengetahuan tentang keberadaan kelima makanan tersebut, tetapi juga jenis dan jumlah zat gizi yang cukup sesuai usia dan kondisi fisiologis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: