Kenali Gangguan Anxiety, Ini Gejala Fisik Penderita yang Perlu Diketahui

Kenali Gangguan Anxiety, Ini Gejala Fisik Penderita yang Perlu Diketahui

ilustrasi--

Awalnya, stres bisa memicu sistem pertarungan-atau-lari, yang menghasilkan hormon testosteron. Anda bisa merasa penuh kehidupan. Namun hormon kortisol memiliki efek jangka panjang yang berbeda. Kecemasan dapat menurunkan testosteron, mengubah atau menurunkan produksi sperma, dan menunda atau mencegah respons normal tubuh terhadap seks. Bagi wanita, kecemasan dapat menyebabkan kelelahan, mudah tersinggung, dan berkurangnya keinginan untuk berhubungan seks. Hormon kortisol juga dapat menurunkan gairah seks.

11. Gemetar

Berjabat tangan dan bagian tubuh lainnya merupakan gejala fisik umum yang terkait dengan gangguan kecemasan sosial dan bentuk kecemasan lainnya, karena respons tubuh terhadap stres menyebabkan pelepasan hormon seperti kortisol dan adrenalin. Badan makin stress dan gemetar.

Ketidakmampuan tubuh Anda untuk meningkatkan intensitas getaran juga dapat memperburuk gejala terkait kecemasan lainnya. Gejala kecemasan ini juga bisa terjadi pada gangguan kecemasan lainnya, seperti gangguan panik, fobia spesifik, dan agorafobia.

BACA JUGA:Resmi, Hanura Usung Sri Budiman-Septi Peryadi di Pilkada Bengkulu Tengah 2024, Disusul PDIP

BACA JUGA:Lebih Murah! Redmi Note 12 Pro Turun Harga Jadi 2 Jutaan, Cek Spesifikasi Lengkapnya

12. Tenggorokan Terasa Sesak

Perasaan ada yang mengganjal atau tersangkut di tenggorokan bisa disebabkan oleh rasa cemas. Ini disebut sensasi benda asing. Penyebab pastinya masih belum jelas, namun hal ini mungkin menimbulkan kekhawatiran. Anda mungkin berpikir Anda kehabisan bensin.

13. Mudah Terkejut

Penelitian menunjukkan bahwa mencoba memprediksi ancaman yang tidak diketahui adalah ciri umum dari kecemasan. Penelitian telah menunjukkan bahwa kewaspadaan terus-menerus dikaitkan dengan peningkatan "respon terkejut", sehingga Anda mungkin langsung melompat atau berteriak ketika seseorang menyentuh punggung Anda. Kamu bilang kamu khawatir.

14. Tubuh Kurang Mampu Melawan Infeksi

Saat Anda stress, tubuh Anda mungkin tidak mampu melawan infeksi. Faktanya, memikirkan sesuatu yang membuat Anda marah atau sedih saja dapat menurunkan respons sistem kekebalan tubuh Anda hanya dalam waktu 30 menit. 

Kecemasan yang menetap selama berhari-hari, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun dapat merusak sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga mempersulit Anda. Melawan flu, herpes, herpes zoster dan virus lainnya.

BACA JUGA:Spesifikasi dan Harga Terbaru Redmi 13 C: HP Murah Entry Level dengan Memori Besar

BACA JUGA:Android 14 Sudah Hadir, Android 15 Menyusul: Apa yang Baru dan Kapan Dirilis?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: