7 Penyebab Kucing Nakal serta Cara Mengatasinya, Cat Lovers Wajib Tahu!

7 Penyebab Kucing Nakal serta Cara Mengatasinya, Cat Lovers Wajib Tahu!

--

7 Penyebab Kucing Nakal serta Cara Mengatasinya, Cat Lovers Wajib Tahu!

 

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Kucing adalah hewan peliharaan yang paling populer di seluruh dunia. Mereka memiliki sifat yang unik, seperti kecerdasan, keuletan, dan kemandirian.

 

Namun, terkadang kucing bisa menjadi nakal, dan itu dapat menjadi masalah bagi pemiliknya. 

 

Tak hanya itu,sifat nakal kucing ini bisa juga berdampak pada kesehatan serta kesejahteraan kucing itu sendiri.

 

Lalu apa saja faktor yang mempengaruhinya serta adakah cara untuk mengatasi sifat nakal kucing ini? Yuk cat lovers kita cari tahu bersama.

 

BACA JUGA:Dinkes Bengkulu Tengah Gercep Ambil Sampel Air Danau Biru untuk Dicek di Laboratorium, Hasilnya?

 

BACA JUGA:Keunikan Danau Biru Talang Boseng Sedot Puluhan Pengunjung dari Berbagai Daerah, Desa Pasang Pengumuman Ini

 

7 Faktor serta Cara Mengatasi Kucing Nakal

 

1. Kecemasan dan Stres

Kucing yang cemas atau stres dapat mengekspresikannya melalui perilaku nakal, seperti menggaruk perabotan atau merusak barang-barang. 

Untuk mengatasinya, pastikan kucing memiliki tempat yang aman dan nyaman di rumah. Kemudian pemilik juga bisa mempertimbangkan menggunakan feromon sintetis atau mainan interaktif untuk mengurangi kecemasannya.

 

2. Kurangnya Aktivitas Fisik

Kucing yang tidak mendapatkan cukup aktivitas fisik cenderung bosan dan nakal. Ini juga termasuk faktor hadirnya sifat nakal pada kucing. 

Untuk mengatasinya, pemiliki bisa meluangkan waktu untuk bermain bersama dengan kucing. Mainan seperti bola berdenting, bulu mainan, atau papan pencakar kucing dapat membantu menjaga kucing tetap aktif.

 

3. Kurangnya Perhatian

Kucing adalah hewan sosial, dan mereka membutuhkan perhatian dari pemiliknya. Jika kucing merasa ditinggalkan atau diabaikan, mereka mungkin menjadi nakal untuk menarik perhatian. 

Sebagai pemilik, taka ada salahnya untuk meluangkan waktu sebentar untuk memberikan perhatian, pelukan, dan permainan kepada kucing.

 

BACA JUGA:Berkas Perkara dugaan korupsi Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) tahun 2014 Dilimpahkan ke PN Tipikor

 

BACA JUGA:Nekat Maling Besi Tower PLN dan HP Tetangga, Remaja di Bengkulu Tengah Mendekam dalam Sel

 

4. Kekurangan Latihan Kandang

Jika kucing tidak terlatih dengan benar, mereka mungkin buang air sembarangan di dalam rumah atau merusak perabotan. Latihan kandang yang konsisten dan sabar sangat penting. Gunakan metode positif reinforcement dan berikan pujian saat kucing menggunakan kandang dengan benar.

 

5. Ketidakpuasan Makanan

Kucing yang tidak puas dengan makanannya bisa mencari makanan lain di dalam rumah, seperti tumpahan makanan atau sisa makanan manusia. 

Jadi, pastikan untuk memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi si kucing dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan tempat makan kucing.

 

6. Masalah Kesehatan

Kucing yang merasa tidak sehat atau mengalami masalah kesehatan tertentu mungkin mengekspresikannya melalui perilaku nakal. Ini membuat pemilik harus menjadwalkan kunjungan ke dokter hewan secara teratur dan melakukan konsultasi masalah kesehatan dengan dokter hewan lebih lanjut.

 

BACA JUGA:Densus 88 Berhasil Tangkap 18 Terduga Teroris Selama Oktober 2023, Ini Identitasnya

 

BACA JUGA:APK Masih Ditemukan Terpasang di Pohon Depan Sekolah, Pengamat: Bawaslu Bengkulu Tengah Kemana?

 

7. Kekurangan Stimulasi Mental

Kucing adalah hewan yang cerdas, dan mereka membutuhkan stimulasi mental untuk tetap bahagia. Mainkan permainan teka-teki, seperti menyembunyikan makanan dalam mainan teka-teki, atau berikan mainan interaktif yang memicu kecerdasan mereka. Ini akan mengurangi resiko kucing menjadi nakal.(tim)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: