Mengenal Air Terjun Tumpak Sewu, Destinasi Wisata yang Indah Diperbatasan Kabupaten Malang- Kabupaten Lumajang

Mengenal Air Terjun Tumpak Sewu, Destinasi Wisata yang Indah Diperbatasan Kabupaten Malang- Kabupaten Lumajang

Air terjun tumpak sewu malang-lumajang.--

Mengenal Air Terjun Tumpak Sewu, Destinasi Wisata yang Indah Diperbatasan Kabupaten Malang- Kabupaten Lumajang

RAKYATBENTENG.COM - Air Terjun tumpak sewu yang berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, atau tepatnya di Jl. Raya Dampit-Lumajang No.16, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Air terjun tumpak sewu mulai dikenal oleh masyarakat luas melalui media sosial atau internet karena mendapatkan Anugerah Tempat Wisata Jawa Timur terbaik nomer 1 tahun 2018 oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Jawa Timur.

BACA JUGA:Belum Ke Malang Kalau Tidak Berkunjung ke Objek Wisata Ini, Nomor 5 Bikin Bulu Kuduk Merinding

Air Terjun Tumpak Sewu menawarkan keindahan alam yang spektakuler. Air terjun setinggi sekitar 120 meter ini memiliki air yang jernih dan segar, serta dikelilingi oleh vegetasi tropis yang hijau dan lebat. Kamu dapat melihat air terjun tumpak sewu dari atas ketinggian, jika cuaca cerah. Kamu dapat melihat air terjun tumpak sewu dengan latar belakang gunung semeru secara langsung.

Selain itu untuk menuju tempat ini Kamu harus berjalan kaki sekitar 400 meter dari loket tempat wisata. Jalan menuju ke tempat ini menurun, apabila Kamu tidak ingin capek menurun jalanan dari loket menuju ke spot ini. Kamu dapat menggunakan jasa ojek setempat yang bisa Kamu cari si sekitar parkiran tempat wisata. Untuk harga ojek ke tempat ini sekitar Rp. 10.000 per orang.

BACA JUGA:Masih Alami, Ini 4 Objek Wisata Tersembunyi di Sumatera Barat Simpan Keindahan Surgawi Dunia

Apabila Kamu ingin melihat air terjun dari bawah atau sering juga disebut spot bottom waterfall. Kamu harus menuruni tangga sekitar 600 meter yang berada di sebelah panorama tumpak sewu. Untuk menuruni bottom waterfall ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Seperti jalanan menuju ketempat ini, selain ada tangga yang sudah disediakan. Kamu juga harus menuruni beberapa jalanan setapak yang dilalui kucuran air dari area bukit. Jadi perlu diperhatikan untuk menuruni tempat ini bawalah sepatu bot yang anti selip. Karena jalanan agak licin di sekitar area ini.

BACA JUGA:Kerak Telor Kuliner Jadul Khas Betawi Sejak Zaman Penjajahan Belanda Rupanya Kaya Akan Manfaat

Berikut keunggulan Air Terjun Tumpak Sewu yang harus kamu ketahui :

1. Akses ke lokasi cukup mudah
Meskipun terletak di daerah yang cukup terpencil, akses ke Air Terjun Tumpak Sewu cukup mudah. Setelah mencapai desa Sidomulyo, pengunjung hanya perlu berjalan kaki sekitar 20-30 menit untuk mencapai air terjun.

2. Aktivitas yang ditawarkan menarik
Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas menarik seperti tracking, berenang, dan memotret. Ada juga beberapa tempat yang bisa digunakan untuk berkemah bagi mereka yang ingin menginap di dekat air terjun.

BACA JUGA:Kenali Kebun Binatang Gembira Loka, Wisata Cukup Terkenal di Yogyakarta Tetap Eksis dan Hits Meski Sudah Tua

3. Lokasi Yang Sangat Ramah lingkungan
Terlepas dari jumlah pengunjung yang cukup besar, Air Terjun Tumpak Sewu berhasil mempertahankan keindahan alamnya karena para pengunjung dilarang membuang sampah sembarangan dan merusak lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: air terjun tampak sewu