Keindahan Air Terjun Abadi dan Tertinggi di Pulau Jawa Tempat Bertapa Patih Gajah Mada

Keindahan Air Terjun Abadi dan Tertinggi di Pulau Jawa Tempat Bertapa Patih Gajah Mada

Air Terjun Madakaripura--

Keindahan Air Terjun Abadi dan Tertinggi di Pulau Jawa Tempat Bertapa Patih Gajah Mada

RAKYAT BENTENG.COM - Terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Air Terjun Madakaripura memiliki pesona alam yang tak terbantahkan. Tidak hanya menawarkan keindahan alam saja, Air Terjun Madakaripura juga punya potensi storynomic tourism.

Dikutip dari Wikipedia, Air Terjun Madakaripura yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tepatnya, di lereng Gunung Bromo ini kerap disebut Air Terjun Abadi. Hal itu karena air yang dialirkan oleh air terjun ini selalu melimpah dan tak pernah berkurang debitnya.

Pesona Air Terjun Madakaripura

Melansir dari laman kemenparekraf.go.id, untuk menuju ke Air Terjun Madakaripura Traveler  harus trekking terlebih dahulu, namun pesona yang ditawarkan sangat sepadan dengan perjuangan tersebut. Rasa lelah akan terbayar lunas sesampainya di air terjun ini.

Salah satu daya tarik dari Air Terjun Madakaripura adalah tinggi tebing sekitar 200 meter. Ketinggian ini sekaligus menobatkan Madakaripura sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Selain karena ketinggiannya, pesona Air Terjun Madakaripura juga tampak dari bentuk tebing di sekelilingnya. Tebingnya memiliki bentuk melingkar, sekilas seperti gelas raksasa yang tinggi menjulang.

BACA JUGA:Danau Kaco Kerinci: Permata Tersembunyi di Belantara, Airnya Sebening Kaca, Memancarkan Cahaya di Malam Hari

BACA JUGA:Destinasi Wisata Gua Terpopuler Menakjubkan yang Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

Keunikan lainnya, air tidak hanya mengalir dari tengah air terjun saja, namun juga melalui celah tebing yang menyempit. Hal ini membuat suasana di bawah air terjun seolah sedang turun hujan. Ini karena air yang menetes dari segala arah membuat area sekitar air terjun tampak seperti sedang gerimis.

Jika berkunjung ke Air Terjun Madakaripura disarankan untuk menggunakan jas hujan agar tidak basah. Jatuhnya air juga menghadirkan gelombang air yang sangat dramatis serta membentuk kolam alami di bawah air terjun. Air di kolam alami tersebut memiliki warna biru yang transparan dan menyegarkan mata.

Tidak hanya itu, kecantikan Air Terjun Madakaripura juga tampak dari pemandangan hijau di sekelilingnya. Banyaknya pohonan rindang di area tersebut sehingga membuat suasana semakin sejuk dan asri.

Tempat Bertapa Patih Gajah Mada

Dibalik keindahannya Air Terjun Madakaripura menyimpan kisah Patih Gajah Mada. Patung Sang Patih bisa dilihat begitu Traveler masuk pintu gerbang. Duduk bersila dengan menyilangkan kedua tangannya. Seakan-akan mengenalkan bahwa wilayah itu adalah tempat suci yang pernah disinggahi oleh pemersatu nusantara ini

Konon, Air Terjun Madakaripura menjadi tempat bertapa Patih Gajah Mada untuk terakhir kalinya, sebelum moksa. Mitos ini merujuk pada pemilihan nama Madakaripura yang diambil dari tiga kata yang saling berhubungan. Mada merupakan penggalan dari Gajah Mada, Kari yang berarti peninggalan, dan Pura bermakna sembahyang atau semedi.

Tempat moksa Patih Gajah Mada sendiri diyakini berada di rongga gua air terjun. Jika dari pintu masuk akses jalan menuju air terjun berupa jalan setapak. Sepanjang 1,3 kilometer jalan setapak harus dilalui. Melewati bibir sungai merupakan aliran dari air terjun Madakaripura.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: