Kenali Kebun Binatang Gembira Loka, Wisata Cukup Terkenal di Yogyakarta Tetap Eksis dan Hits Meski Sudah Tua

Kenali Kebun Binatang Gembira Loka, Wisata Cukup Terkenal di Yogyakarta Tetap Eksis dan Hits Meski Sudah Tua

Kebun Binatang Gembiro Loka masih jadi idola tujuan wisata di Yogyakarta.--

Kenali Kebun Binatang Gembira Loka, Wisata Cukup Terkenal di Yogyakarta Tetap Eksis dan Hits Meski Sudah Tua

 

RAKYATBENTENG.COM - Kebun Binatang Gembira Loka merupakan tempat wisata yang terletak di Yogyakarta yang memiliki banyak satwa serta menawarkan permainan seru. Kebun Binatang Gembira Loka  dapat menjadi sarana edukasi bagi anak-anak untuk mengenal lebih jauh binatang dan bermain berbagai permainan.

 

Bahkan, Kebun Binatang Gembira Loka masuk dalam daftar wisata  di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. Harga yang sangat terjangkau dan didukung dengan fasilitas hiburan yang menyenangkan membuat tempat ini tidak pernah sepi.

BACA JUGA:Masya Allah, 5 Lokasi Wisata Religi di Indonesia Ini Bisa Bikin Takjub, Salah Satunya Pernah Dihantam Tsunami

 

Secara historis, Kebun Binatang Gembira Loka merupakan kebun raya dan salah satu kebun binatang tertua di Indonesia. Destinasi wisata dan edukasi yang terletak di Yogyakarta ini didirikan pada tahun 1959.

Awalnya ide pendirian kebun raya dan kebun binatang  datang dari Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1933. Ia ingin membangun tempat hiburan bagi masyarakat yang kemudian disebut Kebun Rojo. Namun pembangunan Taman Rojo tidak bisa langsung berjalan karena Indonesia terkena dampak  Perang Dunia II dan pendudukan Jepang di negara tersebut. 

BACA JUGA:Nikmati 2 Spot Terpopuler Wisata Baturraden Jawa Tengah Terletak di Kaki Gunung Slamet Bisa Bikin Hati Adem

Setelah Indonesia merdeka dan keadaan semakin kondusif, didirikanlah Yayasan Gembira Loka Yogyakarta pada tahun 1953. Dana ini diketuai oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII. Pada tahun 1959, Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII menugaskan Tirtowinoto untuk membangun Gembira Loka. Selanjutnya Gembira Loka didirikan dan eksis hingga saat ini.

 

Untuk memasuki destinasi wisata ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Pada hari Senin sampai Jumat cukup membayar Rp 25.000 dan pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur sebesar Rp 35.000. Objek wisata ini juga beroperasi setiap hari mulai pukul 07.30 wib hingga 17.30 WIB.  Harga tiket perjalanannya juga sangat terjangkau, berkisar antara Rp 8.000 hingga Rp 25.000.

BACA JUGA:Pantai Terindah di Indonesia Wajib Kamu Jumpai, Siapa Sangka Salah Satunya Ada Pantai dari Provinsi Bengkulu

 

Berikut beberapa fasilitas yang membuat kamu betah berlama lama di kebun binatang gembira loka :

 

1. Museum/Laboratorium Flora dan Fauna

 

Saat pertama kali memasuki kawasan Gembira Loka, pengunjung akan mengagumi pepohonan besar dan beberapa di antaranya sangat langka (nuansa semi hutan di sini cukup terasa). Tempat pertama adalah museum (laboratorium) yang menampilkan flora dan fauna asli  yang diawetkan. Pengunjung bisa menimba ilmu di sini karena setiap pameran flora dan fauna memiliki keterangan nama latin dan habitat aslinya. Yang lebih menarik lagi di sini adalah pajangan ratusan kecoa yang disusun dalam bentuk yang diawetkan.

 

2. Rumah Hewan Peliharaan/Kandang Hewan Peliharaan

 

Kebun Binatang Gembira Loka  juga menyediakan rumah bagi hewan yang dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi hewan yang hidup. Sedangkan untuk rumah satwa hewan yang terbuka terdapat gajah, orangutan, babon, beruang madu, kuda nil, rusa, kancil, beberapa reptil dan amfibi. Dan rumah tertutup di peruntukkan untuk hewan harimau, simpanse, ular, burung, ikan, dan penguin.  Semua rumah satwa di desain nyaman dan aman untuk di nikmati pengunjung, baik berfoto atau melihat dengan jarak dekat karena keamanan dan teknologi nya sudah canggih.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting Film Hollywood, di Mana Saja?

 

3. Wisata Tunggang, Feeding Time dan Kereta Keliling

 

Bagi anak-anak yang ingin bermain kendaraan,  Gembira Loka menyediakan arena bermain ATV, arena labirin, dan kereta bergerak (berbayar) yang dapat mengantarkan pengunjung ke arena kebun binatang. Bisa juga menunggangi gajah dan unta, mau memberi makan rusa dan kancil.

 

4. Atraksi Hewan Terampil

 

Ada lagi tempat santai menarik yang patut dikunjungi wisatawan di Gembira Loka. Gembira Loka menyelenggarakan pertunjukan hewan terlatih dimana pengunjung dapat menyaksikan keterampilan hewan cerdas di panggung yang nyaman dan sejuk. Satwa yang dapat dilihat pengunjung antara lain kakatua kuning, linsang, burung kangkareng dan julang emas, beruang madu, dan orangutan. Namun pertunjukan ini dilaksanakan secara terjadwal atau waktu waktu tertentu.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: