Merendam Kaki Menggunakan Air Es Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Merendam Kaki Menggunakan Air Es Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Merendam Kaki Menggunakan Air Es Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan --Foto: https://goodeirdreclarkson.blogspot.com--

Misalnya saja kesemutan, mati rasa, kedinginan, bahkan gangren atau jaringan mati karena kekurangan oksigen. Jadi, merendam kaki dalam air es merupakan salah satu cara untuk melancarkan sirkulasi darah.

Meskipun dapat membatasi aliran darah, air dingin juga mempercepat aliran darah setelah olahraga intens, sementara es meningkatkan aliran darah ke kaki. Upaya ini akan mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi peradangan.

BACA JUGA:Diduga Sekelompok Begal Bawa Sajam Beraksi di Bengkulu Tengah, Pasutri Nyaris Jadi Korban

BACA JUGA:Ini Rekomendasi Vespa Matic untuk Kaum Perempuan

4. Mengurangi Rasa Sakit

Luka akibat mikrotrauma menimbulkan nyeri pada daerah yang terkena. Selain itu, ketegangan saraf juga membuat kaki tidak nyaman. Manfaat lain dari merendam kaki dalam air es adalah membantu mengurangi rasa sakit. Sama seperti saat Anda mengalami luka bakar, mengoleskan air es pada kaki dapat memberikan rasa lega saat otot Anda nyeri.

Sebagai catatan, cara ini tidak bersifat permanen. Artinya hanya bisa membantu mengurangi rasa sakit, tapi tidak menghilangkannya, dan hanya digunakan untuk pertolongan pertama. Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan nasihat medis terbaik. 

Selain perendaman, metode pemijatan dengan memutar es batu di sekitar area yang nyeri juga sangat bermanfaat. Apalagi jika Anda menderita plantar fasciitis.

BACA JUGA:Update Harga Emas Hari Ini, Kamis 3 Oktober Emas Dunia Naik Rp4 RIbu dan Emas Antam Naik Rp5 Ribu

BACA JUGA:Spesial HUT ke-26, Mandiri x Pertamina Hadirkan Promo Gratis 1 Liter BBM Non Subsidi dan Diskon 50%

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seorang dokter terkenal Rusia, Sergey Bubnovkiy, menawarkan alternatif yang lebih sederhana untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Cara ini melibatkan merendam kaki Anda dalam air es selama 10 hingga 15 detik saja sehari. Upaya ini diklaim dapat membantu mencegah wabah pilek atau flu.

Jurnal Universitas Virginia menemukan bahwa air es dapat merangsang produksi norepinefrin. Hormon alami ini berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Menurut Oncology Training International, cara untuk mencapai hal ini cukup sederhana.

Isi baskom dengan air dingin dan tambahkan es sebanyak mungkin. Selanjutnya, letakkan kedua kaki di panggul dan tahan di sana selama 10 hingga 15 detik. Untuk hasil terbaik, lakukan setiap malam sebelum tidur. Jika sistem kekebalan tubuh Anda sangat lemah, Anda dapat mengulangi proses ini setiap 4 jam jika perlu.

BACA JUGA:Nikmati Promo Menarik Solaria Oktober 2024, Mulai dari Cicilan 0% Hingga Casback 30%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: