Merendam Kaki Menggunakan Air Es Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Merendam Kaki Menggunakan Air Es Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Merendam Kaki Menggunakan Air Es Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan --Foto: https://goodeirdreclarkson.blogspot.com--

Meskipun manfaat merendam kaki dalam air es efektif, cara ini bukanlah obat ajaib. Anda mungkin perlu menggabungkannya dengan perawatan lain. Jika nyeri kembali muncul, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Selain pengobatan, dokter mungkin terus menggunakan kompres es. Tujuannya adalah untuk mengurangi ketegangan otot akut dan cedera. Pemberian suhu dingin secara singkat pada otot yang terkena dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan. Ikuti petunjuk pengobatan yang sesuai ya.

BACA JUGA:Mengangkat Kisah Nyata Eksorsisme, Ini Sinopsis dan Daftar Pemain Film Kuasa Gelap

BACA JUGA:Bank BTN Buka Loker Posisi Data Privacy Department Head, Ini Persyaratannya

2. Mengurangi Efek Mikrotrauma

Berbagai aktivitas sehari-hari dapat menyebabkan mikrotrauma. Istilah ini mengacu pada robekan mikro pada serat otot, selubung yang menutupi otot, atau jaringan ikat. Robekan mikro ini juga dapat melibatkan penarikan tendon dan tulang. Kondisi ini biasa disebut dengan cedera.

Jadi, apakah manfaat merendam kaki dalam air es membantu mengurangi efek cedera regangan? 

Suhu dingin dikatakan dapat membantu mengurangi pembengkakan akibat cedera. Pakar kebugaran Richie Norton menjelaskan bahwa setelah mikrotrauma, tubuh merangsang aktivitas sel otot untuk memperbaiki kerusakan dan memperkuat otot.

Inilah sebabnya sebagian besar kasus cedera mengalami nyeri beberapa hari setelah berolahraga. Air dingin membantu mengurangi peradangan, mengurangi aktivitas metabolisme dan mengurangi peradangan. Merendam kaki dalam air dingin juga meningkatkan sirkulasi. Dengan cara ini, dapat membantu tubuh untuk pulih lebih cepat.

BACA JUGA:KFC Hadirkan 2 Promo Menarik Selama Bulan Oktober 2024, Ada Kupon Super Promo Hemat Hingga 45%

BACA JUGA:Mengintip Harta Kekayaan Annisa Mahesa, Sosok Anggota DPR RI Termuda Berusia 23 Tahun

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Tubuh secara konstan mengedarkan cairan ke seluruh tubuh. Salah satu bentuknya adalah darah yang mengelilingi berbagai organ, termasuk kaki. Dengan demikian, darah memasok oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh. 

Selain itu, membantu menghilangkan kelebihan limbah dalam sistem tubuh.

Ketika peredaran darah di kaki tidak lancar, banyak dampak yang bisa ditimbulkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: