Apakah Gula Jawa dan Gula Merah Sama? Berikut Penjelasannya

Apakah Gula Jawa dan Gula Merah Sama? Berikut Penjelasannya

ilustrasi--

Dalam kehidupan sehari-hari, orang biasanya menyebut gula aren dengan sebutan gula merah atau gula jawa. Namun bagi yang mengetahuinya, ketika membeli gula merah pasti akan bertanya-tanya apakah gula tersebut adalah gula kelapa atau gula palem.

BACA JUGA:Ini Kabar Terbaru Motor yang Ditemukan Warga Talang Empat Bengkulu Tengah Diduga Barang Bukti Kejahatan

BACA JUGA:Kades se-Bengkulu Tengah Jangan Kegirangan Terima Hibah Motor Dinas Baru, Tunggu Giliran Dipanggil APH

3. Bentuk, warna dan rasanya agak berbeda

Meski fungsinya sama, gula palem dan gula kelapa biasanya sedikit berbeda warna dan bentuknya. Untuk gula kelapa biasanya warnanya sedikit lebih terang atau disebut juga coklat muda. 

Sedangkan gula aren warnanya lebih gelap yaitu coklat tua. Dari segi bentuknya, untuk gula kelapa, banyak orang yang cenderung menggunakan batok kelapa atau cetakan yang menyerupai bentuk setengah batok kelapa kecil untuk membentuknya. 

Hal ini biasanya menjelaskan secara langsung apa itu gula kelapa dan apa itu gula aren. Sedangkan gula aren biasanya berbentuk tabung atau lonjong. Namun tentunya ada juga yang mencetak gula kelapa dan gula aren dalam bentuk yang sama, yakni dalam tabung kecil. 

Oleh karena itu, disarankan untuk bertanya kembali kepada penjual untuk menghindari salah pembelian. 

Jadi apa fungsinya? Gula merah dan gula aren memberikan tekstur yang lebih manis dan otentik dibandingkan gula pasir. Namun gula aren umumnya lebih manis, sedangkan gula kelapa memiliki rasa yang sedikit pedas. 

BACA JUGA:Tarawih dan Tadarus di Bulan Ramadan 2024 Dilarang Pakai Pengeras Suara Luar Tempat Ibadah, Ini Dasarnya

BACA JUGA:Polda Ambil Keterangan Saksi Pelapor Terkait Dugaan Rekayasa Nilai PDSS SMAN 5 Kota Bengkulu

Dari segi tekstur, gula aren umumnya lebih halus dan lebih cepat larut dibandingkan gula kelapa. Namun keduanya tetap bisa digunakan untuk menyiapkan hidangan atau minuman apa pun. Sesuaikan saja agar lebih sesuai dengan selera Anda.

4. Keduanya lebih sehat dari gula pasir

Selain lebih enak, juga lebih sehat dibandingkan gula pasir. Namun rasa, aroma, dan warnanya sangat kuat (berbeda dengan gula pasir yang hanya bersifat netral dan manis), sehingga tidak selalu bisa digunakan dalam berbagai menu masakan atau minuman.

Namun gula kelapa tentunya lebih sehat karena mengandung vitamin C, fosfor, kalium dan zat besi yang bermanfaat bagi tubuh. Gula aren dianggap lebih sehat karena tidak mengandung insulin sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, gula aren mengandung persentase kalium tertinggi dibandingkan jenis gula lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: