Jangan Dikonsumsi! Bukan Fenomena Alam yang Misterius, Membirunya Air Danau Ternyata dari

Jangan Dikonsumsi! Bukan Fenomena Alam yang Misterius, Membirunya Air Danau Ternyata dari

--

Jangan Dikonsumsi! Bukan Fenomena Alam yang Misterius, Membirunya Air Danau Ternyata dari

RAKYAT BENTENG.COM - Akhirnya hasil uji laboratorium terhadap sampel air Danau atau Telaga Biru di Desa Talang Boseng Kecamatan Pondok Kelapa diekpos oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkulu Tengah. Cukup mengejutkan, anggapan semula bahwa birunya air merupakan fenomena alam yang penyebabnya misterius terbantahkan seiring dengan hasil uji lab. 

Kepada wartawan, dari uji parameter yang dilakukan terdapat tiga parameter melebihi bahan baku yang terdiri dari BDO3, COD dan Phosfat atau fosfat (PO4).

Mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Pemerintah Provinsi Bengkulu nomor 6 tahun 2005 tentang penetapan baku mutu air dan kelas air sungai lintas kabupaten/kota dalam Provinsi Bengkulu (Kelas II).

BACA JUGA:Mau Makan Durian Asli Bengkulu Tengah Gratis? Catat Waktu dan Lokasinya, Festival Durian#2

BACA JUGA:Alvin Aditya Terpilih Jadi Bujang Provinsi Bengkulu, Perwakilan dari Bengkulu Tengah

BACA JUGA:Sempat Viral dan Digadang-gadang Jadi Objek Wisata Andalan, Kondisi Terkini Danau Biru Talang Boseng

Kepala Dinas LH Kabupaten Bengkulu Tengah, Mahendra Gustian, S.Hut menjelaskan bahwa air berwarna biru tersebut diperkirakan berasal dari pupuk mutiara yang penggunaannya berlebihan jika menerjemahkan hasil pengecekan lab. Adapun penggunaan pupuk sendiri untuk tanaman sawit setempat. 

‘’Melihat dari hasil lab, bahwa air berwarna biru berasal dari phosfat yang melampaui ambang batas. Phosfat itu salah satu kandungan dalam pupuk mutiara biru," ungkap Mahendra.

Mahendra mengatakan lebih lanjut bahwa air telaga biru tersebut tidak layak untuk dikonsumsi. Dan bagi pengunjung yang sudah terlanjur membawa air pulang ke rumah disarankan untuk tidak mengonsumsinya.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: