Puntung Rokok Diduga Kembali Berulah, Lahan di Bengkulu Tengah Ludes Terbakar

Puntung Rokok Diduga Kembali Berulah, Lahan di Bengkulu Tengah Ludes Terbakar

Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Pondok Kubang--

Puntung Rokok Diduga Kembali Berulah, Lahan di Bengkulu Tengah Ludes Terbakar

 

RAKYATBENTENG.COM – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) seakan tidak berhenti seiring dengan belum habisnya musim kemarau ini. Jumat 6 Oktober 2023 sore, karhutla kembali terjadi di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) tepatnya di Jalan Lintas Desa Pondok Kubang-Desa Batu Raja Kecamatan Pondok Kubang.

BACA JUGA:Polda Akui Sedang Tangani Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK, 6 Orang Sudah Dipanggil

 

Api yang disertai dengan asap cukup mengganggu pengendara lantaran lokasi kebakaran berada tepat di jalan lintas. Warga yang mengetahui kondisi ini langsung mengabari pemerintah desa setempat.

 

Api lalu dipadamkan dengan bantuan personel Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) yang sudah dihubungi langsung. Dugaan sementara, api berasal dari puntung rokok yang masih dalam keadaan setengah hidup dibuang sembarangan.

BACA JUGA:Perlu Bacaleg Ingat! Bahan Kampanye Boleh Dibagikan, KPU Bengkulu Tengah: Asalkan Tidak Lebih dari Rp100 Ribu

 

Plt Sekcam Pondok Kubang, Mastono, S.Sos mengatakan kebakaran tersebut diketahui oleh warga yang hendak melintas pada pukul 14.32 WIB. Api semakin membesar diakibatkan semak belukar kering dan terpaan angin. Pemadaman dilakukan personel Dinas Damkar dibantu Kapolsek Pagar Jati, Ipda. Khalid, SH dan jajaran yang sedang melintas.

 

‘’Setelah melihat ada kebakaran, kami langsung menghubungi tim pemadam kebakaran. Api makin membesar dan menyambar karena kondisi angin kencang. Dugaannya api ini berasal dari puntung rokok,’’ ujar Mastono.

BACA JUGA:Bakal Digunakan 22 Pemda se Indonesia Termasuk Bengkulu Tengah, Apa Itu Aplikasi Puja Indah

 

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Benteng, Drs. Arman Kusnandar membenarkan karhutla tersebut. Usai menerima laporan, personel secara sigap menuju ke lokasi kejadian.

 

‘’Ya benar. Lokasinya di perbatasan Desa Pondok Kubang - Ratu Raja. Kita langsung instruksikan personel untuk memadamkan api,’’ pungkas Arman.(cw1)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: