Penampakan Kengerian Kebakaran di Gunung Merbabu, Luasan Hutan dan Lahan yang Terbakar Mencapai 489,07 Hektare

Penampakan Kengerian Kebakaran di Gunung Merbabu, Luasan Hutan dan Lahan yang Terbakar Mencapai 489,07 Hektare

Kengerian kebakaran yang melanda Gunung Merbabu. (foto dok bnpb)--

Penampakan Kengerian Kebakaran di Gunung Merbabu, Luasan Hutan dan Lahan yang Terbakar Mencapai 489,07 Hektare

RAKYAT BENTENG.COM - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Gunung Merbabu yang terjadi sejak hari Jumat 27 Oktober hingga Minggu 29 Oktober 2023 belum berhasil dipadamkan. Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB yang diterima pukul 08.12 WIB tercatat luasan lahan Taman Nasional Gunung Merbabu yang terbakar sudah mencapai 489,07 hektare (Ha). 

Mengutip dari situs resmi bnpb.go.id lokasi lahan terbakar meliputi wilayah Dusun Sokowulu dan Ngaduman di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Api kemudian menyebar hingga Puncak Syarif dan Puncak Suwanting di wilayah Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Sementara lahan terbakar di wilayah Kabupaten Boyolali terpantau dalam skala kecil. Sabana dua yang berada di wilayah Selo, Boyolali terpantau masih aman. 

BACA JUGA:Kemendesa Buka Lowong Tim Teknis dan Fasilitator Program TEKAD, Pendaftaran Tutup 31 Oktober 2023

BACA JUGA:Selamat, Ini Daftar Nama-Nama Penerima Beasiswa ke Maroko, Ketua RMI PBNU Beri Pesan Penting

Laporan terkini mencatat sebanyak 91 jiwa yang terdiri dari orang tua dan anak-anak mengungsi di Balai Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, dengan rincian 47 orang asal Dusun Gedong dan 44 orang asal Dusun Ngaduman, Kecamatan Getasan. Sementara warga lainnya mengungsi di rumah-rumah keluarga dan sebagian memilih tidak meninggalkan rumah.

Tim gabungan terus berupaya memadamkan api, melakukan pemantauan pergerakan titik api, melakukan langkah mitigasi, dan membuka dapur umum. Kebutuhan mendesak saat ini meliputi logistik makanan, matras, masker filter, dan oksigen portable.

Untuk diketahui, Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Stratovulcano. Letaknya berada di wilayah Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Jawa Tengah.

Memiliki ketinggian 3.145 mdpl, Gunung Merbabu memiliki kawasan Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: