Mitos atau Fakta, Mandi Malam Hari Menyebabkan Rematik? Cek Penjelasannya di Sini

Mitos atau Fakta, Mandi Malam Hari Menyebabkan Rematik? Cek Penjelasannya di Sini

--

Mitos atau Fakta, Mandi Malam Hari Menyebabkan Rematik? Cek Penjelasannya di Sini

RAKYAT BENTENG.COM - Sampai hari ini aktivitas mandi di malam hari masih dihindari sebagian besar masyarakat. Pasalnya mereka percaya bahwa efek dari mandi malam menimbulkan gangguan kesehatan yakni sakit rematik. 

Mengutip dari laman yankes.kemkes.go.id, rematik atau rheumatoid arthritis sendiri adalah penyakit yang ditandai dengan nyeri dan peradangan pada sendi. Kondisi ini merupakan penyakit autoimun, yakni kondisi ketika sistem imun pada tubuh seseorang menyerang sel-sel tubuhnya sendiri. Dalam hal ini, area persendian adalah area yang diserang oleh sistem imun pengidap rematik. Akibatnya, peradangan kronis dan rasa nyeri yang hebat pada sendi-sendi yang terserang pun terjadi.

Lantas apakah benar salah satu pemicu rematik adalah mandi malam hari? Pemerintah melalui Kementerian Kominfo telah merilis bahwa informasi yang menyebutkan mandi malam menyebabkan rematik adalah hoaks. 

Adapun faktanya, dilansir dari laman resmi kominfo.go.id, mandi pada malam hari menyebabkan rematik hanyalah mitos belaka. Dokter Spesialis Penyakit dalam dan Konsultan Reumatologi, Handono Kalim menegaskan bahwa mandi malam tidak masalah, itu hanya mitos. 

Menurut Handono hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa sering mandi malam hari dapat menyebabkan rematik di kemudian hari. Hanya saja terkadang mandi malam hari dan menggunakan air dingin dapat membuat otot kaku. Hal ini pun lumrah dialami seorang jika tidak kuat dingin.

Masih mengutip dari laman yankes.kemkes.go.id, rematik lebih dikenal sebagai penyakit yang menyerang sistem otot dan tulang. Padahal, rematik juga dapat menyebabkan kerusakan pada organ lain, seperti : jantung, paru-paru, sistem saraf, ginjal, kulit, dan mata. Jika tidak segera ditangani, rematik bisa menyebabkan berbagai masalah. Salah satunya adalah rasa tidak nyaman akibat nyeri yang dapat mengganggu penderitanya dalam beraktivitas.

Penyebab Rematik

Belum diketahui apa penyebab sebagian besar penyakit rematik. Namun, ada beberapa kondisi yang diduga terkait dengan masing-masing jenis penyakit ini, yaitu: 

BACA JUGA:Buah Surga yang Disukai Rasulullah SAW: Ini 5 Manfaat Luar Biasa Buah Delima untuk Kesehatan

BACA JUGA:Dinobatkan WHO Pohon Keajaiban karena Miliki Segudang Manfaat Menakjubkan, Pohon Ini Banyak Tumbuh di Sekitar

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Manfaat Kacang Arab Buat Kesehatan, Cegah Kanker 

1. Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan-jaringan yang membentuk sendi. Kondisi ini diduga terkait dengan faktor keturunan (genetik), juga infeksi virus atau bakteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: