Benarkah Buah Rambutan Bikin Batuk? Cek Fakta di Sini, Lengkap dengan Manfaatnya untuk Kesehatan

Benarkah Buah Rambutan Bikin Batuk? Cek Fakta di Sini, Lengkap dengan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ilustrasi--

Benarkah Buah Rambutan Bikin Batuk? Cek Fakta di Sini, Lengkap dengan Manfaatnya untuk Kesehatan

RAKYAT BENTENG.COM - Hingga kini masih banyak yang percaya bahwa memakan buah rambutan dapat menyebabkan penyakit batuk. Oleh karenanya seringkali kita dengar orang tua memperingatkan kepada anak jangan memakan buah dengan rasa manis dan berkulit merah itu terlalu banyak lantaran berbahaya bagi kesehatan. 

Lantas benarkah anggapan buah rambutan menyebabkan batuk? dari penelusuran media ini, Pemerintah melalui Kementerian Kominfo sudah pernah menayangkan pengumuman menanggapi postingan mengenai buah rambutan dapat menimbulkan batuk adalah disinformasi.

Sebagaimana dilansir dari laman resminya berikut https://www.kominfo.go.id/content/detail/21524/disinformasi-makan-buah-rambutan-bikin-batuk/0/laporan_isu_hoaks#:~:text=Penjelasan%3A,tersebut%20mitos%20dan%20tidak%20benar.

Dalam penjelasannya setelah ditelusuri pakar kesehatan dr. Fiona Amelia yang berasal dari Fakultas Kedokteran UI mengatakan bahwa informasi tersebut mitos dan tidak benar. Belum ada penelitian atau jurnal yang benar-benar membuktikan bahwa makan rambutan memang bisa menyebabkan batuk. 

Selain itu dr.Resthie Rachmanta,M.Epid juga mengatakan bahwa belum ada studi ilmiah yang menunjukkan bahwa makan rambutan berkaitan langsung dengan batuk. Kandungan di dalam rambutan sebenarnya tidak menyebabkan batuk. dr.Resthie menyarankan jika sedang batuk, sebaiknya hindari dulu makan rambutan. 

Manfaat Buah Rambutan

Sebaliknya ternyata buah rambutan yang berasal dari Asia Tenggara mengandung banyak gizi dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. 

Dilansir dari hellosehat.com kandungan gizi mikro dan makro dalam 100 gram rambutan meliputi:

protein: 0,9 gram (g)

lemak: 0,1 g

karbohidrat: 18,1 g

serat: 0,8 g

kalsium: 16 miligram (mg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: