Buah Surga yang Disukai Rasulullah SAW: Ini 5 Manfaat Luar Biasa Buah Delima untuk Kesehatan

Buah Surga yang Disukai Rasulullah SAW: Ini 5 Manfaat Luar Biasa Buah Delima untuk Kesehatan

Ilustrasi--

Buah Surga yang Disukai Rasulullah SAW: Ini 5 Manfaat Luar Biasa Buah Delima untuk Kesehatan

RAKYAT BENTENG.COM - Buah Delima atau yang memiliki nama latin Punica Granatum, termasuk ke dalam kelompok berry terkenal kaya akan berbagai nutrisi seperti protein, karbohidrat, serat dan vitamin, serta tak hanya itu buah delima juga rendah lemak dan kalori.

Buah Delima merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Quran sebagai buah surga. Tercatat dalam Al-Quran surat Al-An'am ayat 99 dan 141 serta dalam surat Ar-Rahman ayat 68 menyebut buah tersebut.

Salah satunya pada ayat berikut,
"Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman." (QS. Al An’am: 99)

Selain itu, buah delima juga merupakan buah kesukaan Nabi Muhammad SAW yang disebut dalam sebuah hadits : “Tidaklah buah delima yang ada pada kalian sekarang ini, melainkan sebahagian daripada buah delima dari surga.” (Diriwayatkan oleh Al-Dzabi)

Khasiat atau manfaat buah delima bagi kesehatan disebutkan dalam hadits lainnya yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib yang artinya : “Makanlah buah delima dan bagian dagingnya sekaligus, karena buah ini berfungsi membersihkan lambung.”

BACA JUGA:Jangan Diabaikan Jika Mengalami 5 Tanda Ini di Bagian Kaki, Gejala Kolesterol Tinggi

BACA JUGA:Batasan Menyantap Kepiting dan Udang agar Kesehatan Tetap Terjaga

Berikut sederet khasiat luar biasa untuk kesehatan dari buah delima dirangkum dari berbagai sumber :

1. Sebagai antioksidan

Buah delima kaya akan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas di dalam tubuh sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Kerusakan sel-sel dapat berkaitan dengan segala macam penyakit termasuk kanker, penyakit jantung dan Alzheimer. 

2. Melindungi jantung

Berdasarkan sebuah studi ditemukan bahwa jus buah delima dapat mencegah penumpukan plak di arteri dan dapat meluruhkan penumpukan plak sebelumnya serta dapat memerangi pengerasan arteri dan penyakit terkait seperti jantung dan juga stroke.

3. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa hanya mengkonsumsi jus delima sebanyak 1,7 ons per hari dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik kita sebesar 5 persen. Ini sangat baik untuk penderita hipertensi.

4. Mencegah dan mengobati kanker

Suatu menjelaskan bahwa sari buah delima dapat menghancurkan sel-sel  kanker payudara, dan dapat mencegah pembentukkan sel kanker payudara. Tak hanya itu studi pada tikus pun pernah dilakukan bahwa sari buah delima dapat menghambat perkembangan kanker paru-paru dan kanker prostat.

5. Kontrasepsi alami

Dalam studi laboratorium menunjukkan bahwa percobaan pada kelinci betina yang diberi makan buah delima tidak hamil setelah dikawinkan dengan pejantan mereka, tak hanya itu penelitian itu juga menunjukkan bahwa setelah 4 bulan tidak mengkonsumsi buah delima, kesuburan kelinci betina kembali normal seperti biasa.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: