Buah Kiwi: Si Mungil yang Memiliki Khasiat Mengagumkan, Salah Satunya Meningkatkan Imunitas

Buah Kiwi: Si Mungil yang Memiliki Khasiat Mengagumkan, Salah Satunya Meningkatkan Imunitas

Ilustrasi--

Buah Kiwi: Si Mungil yang Memiliki Khasiat Mengagumkan, Salah Satunya Meningkatkan Imunitas 

RAKYAT BENTENG.COM - Kiwi adalah buah kecil yang berbentuk sawo. Selain memiliki rasa yang enak, buah kiwi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daging buahnya berwarna hijau, memiliki rasa yang manis serta kaya akan nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, vitamin E, asam folat dan kalium. Kiwi juga mengandung banyak antioksidan dan merupakan sumber serat yang baik.

Kiwi atau Gosberi Cina adalah nama yang diberikan kepada buah beri yang bisa dimakan dari beberapa jenis tanaman kayu merambat dalam genus "Actinidia". Actinidia asli berasal dari Shaanxi, Tiongkok. Kelompok kultivar Buah kiwi yang paling umum. berbentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam panjangnya.

Sebelum dikenal dengan nama kiwi, buah ini juga sempat menyandang nama sebagai buah melonette untuk kepentingan marketing. Selanjutnya namanya diubah menjadi kiwi yang berasal dari salah satu jenis burung dari Selandia Baru.

Tanaman kiwi berasal dari China bagian timur. Keterangan pertama tentang pohon kiwi berasal dari catatan abad ke-12 pada masa dinasti Song. Pada masa itu, buah kiwi merupakan tanaman liar yang digunakan orang China sebagai makanan atau racikan obat-obatan. Saat itu, kiwi belum dibudidayakan atau ditanam secara sengaja.

Pada awal abad ke-20, budidaya kiwi mulai dilakukan di China dan tersebar hingga Selandia Baru. Di Selandia Baru penanaman kiwi secara komersial dilakukan. Kiwi kemudian populer di kalangan orang Inggris dan Amerika yang saat itu bekerja di Selandia Baru di masa Perang Dunia II. 

BACA JUGA:Selain Nanas, Buah-buahan Ini Memiliki Khasiat Membersihkan Paru, Perokok Wajib Baca!

BACA JUGA:Kaya Manfaat untuk Kesehatan, Ternyata Ini Kandungan di dalam Buah Manggis

Selanjutnya, Selandia Baru mulai membudidayakan buah ini dan menjadi pengekspor kiwi di dunia. Ekspro pertama kali dikirim ke Inggris Raya, kemudian ke California pada tahun 1960-an. Saat ini, banyak yang mengira buah kiwi adalah buah asli Australia atau Selandia Baru. Padahal sebenarnya tanaman buah ini berasal dari China

Berikut beberapa manfaat buah kiwi untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber : 

1. Mengatasi Masalah Rambut

Ekstrak buah kiwi dan minyak buah kiwi kaya akan vitamin dan nutrisi yang membantu menjaga kesehatan kulit. Penggunaan ekstrak buah kiwi dapat mengobati masalah kulit seperti ketombe, rambut kering, dan rambut kasar. Vitamin C yang ada pada kiwi dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan menjaga mikrosirkulasi yang memasok darah ke folikel rambut. 

2. Melancarkan Pencernaan

Buah kiwi mengandung actinin, enzim pelarut protein yang membantu mencerna makanan seperti papain dalam pepaya atau bromelain dalam nanas. Kiwi merupakan sumber serat yang bagus. Dengan mengonsumsi buah kiwi ini secara rutin maka dapat mencegah sembelit dan masalah perut lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: