Selain Nanas, Buah-buahan Ini Memiliki Khasiat Membersihkan Paru, Perokok Wajib Baca!

Selain Nanas, Buah-buahan Ini Memiliki Khasiat Membersihkan Paru, Perokok Wajib Baca!

Buah Nanas--

Selain Nanas, Buah-buahan Ini Memiliki Khasiat Membersihkan Paru, Perokok Wajib Baca!

RAKYAT BENTENG.COM - Paru-paru merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai pemasok oksigen bagi tubuh.
Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum menyadari betapa pentingnya menjaga paru-paru agar tetap selalu dalam keadaan bersih dan sehat. 

Padahal apabila paru-paru terpapar polusi dari udara yang kotor seperti asap rokok dan polusi udara dapat menyebabkan paru-paru menjadi kotor.

Paru-paru akan mendapat manfaat dari diet seimbang yang penuh dengan nutrisi, vitamin, dan mineral, yang bisa dengan mudah didapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan.

Dengan ini bisa melindungi kesehatan paru-paru dan mengurangi risiko atau gejala penyakit terkait paru-paru, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).
Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar buah yang memiliki khasiat dapat membersihkan paru-paru:

1. Apel

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan apel secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa asupan apel dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat pada mantan perokok.

Mengonsumsi lima atau lebih apel per minggu dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik dan penurunan risiko PPOK. Mengonsumsi apel juga dikaitkan dengan penurunan risiko asma dan kanker paru-paru. Hal ini mungkin dikarenakan tingginya konsentrasi antioksidan dalam apel, termasuk flavonoid dan vitamin C.

2. Labu kuning

Daging buah labu kuning yang berwarna cerah mengandung berbagai senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan paru-paru. Senyawa ini sangat kaya akan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang semuanya memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

BACA JUGA:Kaya Manfaat untuk Kesehatan, Ternyata Ini Kandungan di dalam Buah Manggis

BACA JUGA:WASPADA! Penyakit-Penyakit Ini Rawan Menyerang di Tengah Cuaca Panas Bedengkang

3. Tomat

Tomat merupakan salah satu sumber makanan terkaya lycopene, antioksidan karotenoid yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan paru-paru. Mengonsumsi tomat telah terbukti mengurangi peradangan saluran napas pada penderita asma dan meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita PPOK.

4. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, blueberry dikenal kaya dengan nutrisi. Mengonsumsi jenis buah ini dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk melindungi dan menjaga fungsi paru-paru.

Buah beri adalah sumber antosianin yang kaya, termasuk malvidin, cyanidin, peonidin, delphinidin, dan petunidin. Antosianin merupakan pigmen kuat yang telah terbukti melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan oksidatif.

5. Buah Sitrus

Mengonsumsi buah sitrus seperti lemon, limau, limau gedang, dan jeruk adalah cara yang bagus untuk mendetoksifikasi paru-paru. Kandungan vitamin C yang tinggi dari jenis buah ini dapat membantu melindungi paru-paru dari asma bagi orang dewasa dan kerusakan akibat radikal bebas yang terkait dengan merokok dan polusi udara.

6. Nanas

Nanas kaya akan banyak nutrisi penting, termasuk vitamin C, tembaga, kalium, dan magnesium. Buah ini juga mengandung mangan dalam jumlah yang direkomendasikan setiap hari, mineral yang penting untuk kesehatan tulang.

Bromelain, enzim yang ditemukan dalam nanas, dikenal dengan sifat anti-inflamasi dan penyembuhannya. Bromelain bisa membantu dengan masalah pernapasan yang terkait dengan alergi dan asma. Enzim ini juga dianggap memiliki sifat mukolitik yang membantu memecah dan mengeluarkan lendir.

7. Anggur

Mantan perokok juga direkomendasikan mengonsumsi buah anggur secara rutin untuk membantu bersihkan paru-parunya. Hal ini karena kandungan mineral dan vitamin pada anggur bisa membersihkan organ paru-paru dengan efektif dan mencegah timbulnya penyakit dalam tubuh.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: