Hasil Kebun Ketahanan Pangan Desa Panca Mukti Datangkan Cuan, Ini Jenis Tanamannya

Hasil Kebun Ketahanan Pangan Desa Panca Mukti Datangkan Cuan, Ini Jenis Tanamannya

dok__rakyatbenteng.disway.id--

RAKYAT BENTENG.COM - Desa Panca Mukti, Kecamatan Pondok Kelapa telah menuai hasil dari program ketahanan pangannya. Dimana di atas lahan seluas kurang lebih 3/4 hektare (Ha) desa menanaminya dengan tanaman kacang panjang dan kisik atau oyong. 

Di sepanjang tahun 2022, desa telah memanen sebanyak 30 kali. Awal tahun ini merupakan panen perdana di tahun 2023. Hasil panennya selain dijual ke penampung juga dipasarkan umum. 

BACA JUGA:Honor Pengurus Masjid Naik, Segini Nilainya

Kades Panca Mukti, Dwi Agus Wiratmo menyampaikan bahwa pengelolaan kebun ketahanan pangan oleh BUMDes Damar Lima, di bawah naungan Pemdes Panca Mukti melibatkan juga sejumlah warga yang memang berprofesi tani. 

"Alhamdulilah, BUMDes Damar Lima Desa Panca Mukti bersama warga yang mengelola kebun ketahanan pangan telah panen 30 kali. Jenisnya tanaman sayuran kacang panjang dan kisik. Untuk pemasarannya kita sudah ada yang menampung membeli, selebihnya kita jual umum. Lalu ada juga yang kita bagikan ke masyarakat," jelas kades. 

BACA JUGA:Kades se Benteng Bakal Tunggangi Motor Baru, Penasaran Berapa Anggarannya

Mengenai jenis tanaman, lebih lanjut kades menerangkan pihaknya tidak melulu dengan jenis yang sekarang. Disesuaikan dengan permintaan pasar, jenis sayuran apa yang harganya sedang tinggi itulah yang akan dibudidayakan. 

"Tidak harus, bisa saja diganti dengan tanaman sayuran yang sedang laris di pasaran, apakah itu timun, cabai atau yang lainnya," pungkas kades.(sir1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: