Kades se Benteng Bakal Tunggangi Motor Baru, Penasaran Berapa Anggarannya

Kades se Benteng Bakal Tunggangi Motor Baru, Penasaran Berapa Anggarannya

Tomi Marisi, Kadis PMD Kab. Bengkulu Tengah--

RAKYAT BENTENG.COM - Di tengah pro kontra rencana pengadaan kendaraan motor dinas (Tornas) baru untuk Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), publik bertanya-tanya berapa besar anggaran yang disiapkan pemerintah. 

Mengingat jumlah kades se Benteng tidaklah sedikit, 142 orang. Itu artinya pemerintah bakal membeli sebanyak 142 unit motor, tentu butuh dana yang tidak sedikit. 

BACA JUGA:Jalan Penghubung Dua Desa Ini Rusak Parah

Informasi terhimpun dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Benteng, pemerintah telah menyiapkan anggaran pengadaan tornas kades sebesar Rp 2,2 Miliar. Jika dibagi dengan jumlah unit yang akan dibeli, sebanyak 142 unit, artinya motor baru yang nantinya ditunggangi kades seharga kisaran Rp 15 jutaan. 

Kadis PMD, Drs. Tomi Marisi, M.Si membenarkan nominal anggaran yang telah disediakan mencapai miliaran rupiah. Sumbernya dari APBD tahun ini. 

"Jadi proses pengadaan kendaraan dinas kades itu akan dilakukan secepatnya karena kita juga banyak agenda penting lainnya, seperti Pilkades. Teknisnya menyesuaikan dengan regulasi pengadaan barang dan jasa pemerintah," terangnya.

BACA JUGA:Bantah Tak Urusi Mobil Dinas, Kepala Dinas di Bengkulu Tengah Ini Salahkan

Menyikapi anggapan pengadaan tornas ini sarat dengan muatan politis lantaran momentnya berdekatan dengan tahun pemilu, Tomi membantahnya. 

"Jadi jangan dipolitisir lah. Pengadaan ini murni untuk kepentingan pelayanan di desa dan susah melalui prosedurnya. Saya bingung kalau ada yang mengatakan sarat politik, sebenarnya kendaraan dinas ini sudah diusulkan sejak beberapa tahun terakhir, tetapi karena kondisi covid dan anggaran tidak memadai, sehingga baru tahun ini diakomodir," tegasnya.(oki)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: