Tahukah Anda Ubi Jalar Bermanfaat Untuk Kesehatan Jantung

Tahukah Anda Ubi Jalar Bermanfaat Untuk Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah dengan memperhatikan konsumsi makanan--

Direbus: Merebus ubi jalar adalah cara sederhana lain untuk menikmatinya. Merebus ubi dalam air akan membantu menjadi lunak dan hanya butuh waktu lebih sedikit daripada memanggangnya. Perlu diingat bahwa merebus sayuran dapat menyebabkan terhilangnya sebagian nutrisi. Ubi yang dikukus dapat mempertahankan lebih banyak nutrisi daripada ubi yang direbus. Mengukus juga menjaga rasa manis alami dan tekstur lembutnya dengan sempurna.

Goreng ubi jalar dengan air fryer: Air fryer dapat menghasilkan ubi jalar yang matang dengan baik. Untuk membuat ubi jalar goreng, panggang pada suhu 200 derajat Celcius selama 20–25 menit setelah diolesi dengan minyak zaitun dan bumbu. Dengan metode ini, Anda akan mendapatkan kentang yang lebih sehat daripada digoreng.

BACA JUGA:Pegawai Kejari Bengkulu Tengah Disimulasikan Penggunaan APAR

BACA JUGA:BKPSDM Bengkulu Tengah Resmi Umumkan Jadwal Tes SKD CPNS 2024, Cek Daftar Lengkapnya di Sini

Efek samping ubi jalar

Meskipun memiliki berbagai manfaat, ubi jalar sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Ubi jalar mengandung kalium yang tinggi, maka perlu berhati-hati jika dikonsumsi bersama dengan obat yang meningkatkan kadar kalium, seperti beta-blocker.

Orang dengan masalah ginjal juga sebaiknya tidak mengonsumsi ubi jalar secara berlebihan karena ginjal yang tidak sehat tidak dapat mengeluarkan kelebihan kalium dari tubuh, yang dapat menyebabkan peningkatan kadar kalium berbahaya.

Ubi jalar juga mengandung beta-karoten dalam jumlah tinggi, sehingga konsumsi berlebihan dapat menyebabkan penumpukan vitamin A di hati. Selain itu, ubi jalar kaya akan karbohidrat. Siapa pun yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat harus membatasi konsumsi ubi jalar secara berlebihan.

Jadi, ubi jalar bermanfaat bagi jantung karena mengandung antioksidan dan nutrisi penting lainnya. Meskipun demikian, perhatikan metode pengolahan. Hindari menggoreng ubi jalar secara berlebihan untuk mencegah hilangnya manfaat serta menjaga kesehatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: