Lebih Aman untuk Diet, Benarkah Gula Stevia Alternatif Sehat?

Lebih Aman untuk Diet, Benarkah Gula Stevia Alternatif Sehat?

Ilustrasi--

2. Efek Terhadap Gula Darah

Gula biasa, atau sukrosa, dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Hal ini berpotensi meningkatkan risiko diabetes, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Sebaliknya, stevia tidak menyebabkan lonjakan gula darah, sehingga dianggap lebih aman bagi penderita diabetes atau orang yang ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil.

BACA JUGA:Keseringan Menatap Layar HP Buat Mata Jadi Merah, Begini Cara Mengatasinya

BACA JUGA:5 Rekomendasi HP Murah yang Cocok Buat Gen Z, Punya RAM Besar Buat Scroll Medsos Jadi Lancar

3. Pengaruh pada Kesehatan Gigi

Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan kerusakan gigi karena gula mendukung pertumbuhan bakteri penyebab plak. Stevia, di sisi lain, tidak memicu pertumbuhan bakteri tersebut sehingga lebih aman untuk kesehatan gigi.

4. Rasa

Meskipun stevia jauh lebih manis daripada gula biasa, rasanya sedikit berbeda. Beberapa orang menggambarkan bahwa stevia memiliki aftertaste pahit yang tidak semua orang sukai. Namun, banyak juga produk stevia yang kini diformulasi ulang untuk mengurangi aftertaste ini.

BACA JUGA:1.980 Formasi PPPK Murni untuk Honorer, Simak Penjelasan Kepala BKPSDM Bengkulu Tengah

BACA JUGA:Usai Pengukuhan Perpanjangan Masa Jabatan 8 Tahun, Kades Ini Penuhi Janji Berjalan Kaki Sejauh

Manfaat Gula Stevia

Selain beberapa keunggulan yang telah disebutkan di atas, gula stevia juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan, di antaranya:

- Menurunkan Tekanan Darah: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi stevia dalam jangka panjang dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

- Kaya Antioksidan: Daun stevia mengandung senyawa yang berperan sebagai antioksidan, membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

BACA JUGA:Update Harga Emas Dunia dan Emas Antam Hari Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: