Mobil Mudah Overheat? Tips Berikut Bisa Dicoba untuk Mengatasinya

Mobil Mudah Overheat? Tips Berikut Bisa Dicoba untuk Mengatasinya

Masalah yang sering ditemui pengemudi saat berkendara adalah panas berlebih atau overheat --Foto: https://www.got.web.id--

RAKYATBENTENG.COM - Masalah yang sering ditemui pengemudi saat berkendara adalah panas berlebih atau overheat. Selain menyebabkan mobil mogok, panas berlebih juga dapat menyebabkan mesin mobil mati. 

Nah, agar masalah tersebut tidak menimpa mobil Anda, yuk simak tips berikut ini.

1. Cek Radiator Sebelum Berangkat

Kalau mobil dalam kondisi baik dan tidak bermasalah, air radiator seharusnya tidak menyusut secara dratis secara tiba-tiba. Tapi untuk ruting melakukan pengecekan air radiator tidak ada salahnya sebelum berangkat. 

BACA JUGA:Seleksi CPNS 2024: Lupa Password Akun SSCASN? Begini Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Diduga Bawa Narkotika, 2 Pria Diamankan Satuan Narkoba Polres Bengkulu Tengah

Caranya bentang tank radiator untuk melihat tingkatan airnya. Kalau tingkatan air kurang, lebih baik langsung ditambahkan. Pastikan jika tidak ada rembesan air apalagi kebocoran selang yang terhubung ke radiator. 

Hal ini karena radiator memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin. Jika rusak, suhu mesin akan sangat tak terkendali dan bisa terjadi overheat.

2. Selalu Perhatikan Indikator Suhu Mesin

Setelah melakukan pengecekan pada radiator, langkah selanjutnya adalah memeriksa dengan teliti alat pengukur suhu mesin yang biasanya terletak pada panel instrumen, di sebelah alat pengukur bahan bakar. Pastikan jarum indikator tidak lebih dari setengahnya. 

BACA JUGA:Hobi Fotografi Menggunakan Ponsel? Smartphone Xiaomi Ini Cocok untuk Digunakan

BACA JUGA:5 Langkah Sederhana untuk Mengatasi Depresi bagi Orang Dewasa, Mudah kok!

Jika jarum sudah lebih dari setengah atau bahkan hampir menyentuh titik terpanas, segera hentikan dan matikan mesin. Biarkan hingga benar-benar dingin. Setelah itu periksa air radiator. Jika berkurang, segera tambahkan. Akan lebih baik jika segera menghubungi bengkel terdekat.

3. Pastikan Oli Mesin Sesuai Spesifikasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: