Ini Dia Deretan Pantai di Indonesia yang Pernah Jadi Lokasi Ajang Surfing Internasional

Ini Dia Deretan Pantai di Indonesia yang Pernah Jadi Lokasi Ajang Surfing Internasional

ilustrasi--

Ini Dia Deretan Pantai di Indonesia yang Pernah Jadi Lokasi Ajang Surfing Internasional

RAKYATBENTENG.COM - Baru-baru ini World Surfing League (WSL) Krui Pro 2024 digelar di Indonesia. Acara tersebut merupakan bagian dari event selancar internasional yang diadakan di Krui, Provinsi Lampung bagian barat. 

Tampaknya bukan kali pertama banyak event selancar internasional digelar di Indonesia. Banyak pantai yang mendukung selancar, terutama Bali. Namun artikel ini memberikan daftar pantai di luar Bali yang pernah menjadi tuan rumah acara selancar terbaik di dunia.

1. Pantai Matanurung, Aceh

Di wilayah Indonesia bagian barat, khususnya di Kepulauan Simeulue, Anda akan menemukan Pantai Matanurung. Terletak di Desa Matanurung, Kecamatan Teupah Tengah, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, wilayahnya terpisah dari pulau induk dan dekat dengan Bandara Lasikin. 

Ketinggian ombak di Pantai Matanurung bisa mencapai 5 meter dan menimbulkan gelombang seru yang disebut gelombang tabung panjang atau long tube barrels. 

BACA JUGA:Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M04: HP Murah dengan Performa Luar Biasa

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Gempa Bumi Guncang Provinsi Bengkulu, Cek Magnitudo dan Pusatnya di Sini

Ombak jenis ini sering dikunjungi oleh para peselancar dari seluruh dunia. Selain itu, banyak masyarakat desa, baik dewasa maupun anak-anak, yang sudah mahir berselancar. 

Pantai Matanurung menjadi tuan rumah Simeulue Pro 2018 yang diselenggarakan oleh WSL dan Asian Surfing Championship (ASC). Acara ini dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus hingga 4 September 2018. Artinya, jika ingin berselancar di sana, Anda bisa datang pada bulan-bulan tersebut setiap tahunnya.

2. Pantai Sorake, Sumatera Utara

Menuju Pulau Nias, Anda akan menemukan Pantai Sorake di Botohilitano, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Pengunjung dapat mencapai Pantai Sorake dengan terbang dari Bandara Kualanamu ke Bandara Binaka di Nias. Waktu tempuh 55 menit dan pantai dapat ditempuh dalam waktu 2-3 jam melalui jalan darat. 

Pantai Sorake dikenal sebagai pantai terbaik untuk berselancar. Tempat ini juga termasuk dalam 10 tempat selancar terbaik di dunia, nomor dua setelah Hawaii. Dari bulan Juni hingga Juli ketinggian ombak mencapai 10 hingga 12 meter. 

BACA JUGA:Iduladha 1445 H, Pemerintah dan Muhammadiyah Serentak Tanggal 17 Juni

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: