Kenali Gejala Demam Berdarah di Sekitar Kita, Tetap Waspada!

Kenali Gejala Demam Berdarah di Sekitar Kita, Tetap Waspada!

ilustrasi--

2.      Sakit kepala yang disertai sakit di bagian belakang mata

Suhu tinggi pada pasien demam berdarah dapat menyebabkan sakit kepala parah. Kepala mungkin terasa berat dan pusing, terutama di sekitar dahi. Juga, ada rasa sakit di belakang mata. Rasa sakit ini dapat membuat pasien kesulitan menggerakkan matanya.

3.      Mual dan muntah

Gejala demam berdarah berikutnya adalah berkembangnya masalah pencernaan yang ditandai dengan rasa mual dan keinginan untuk muntah. Ketidaknyamanan perut dapat terjadi dan pasien mungkin kehilangan nafsu makan. Hal ini juga dapat menyebabkan sakit punggung. Hal ini biasanya terjadi dua sampai lima hari setelah pasien mengalami demam. 

4.      Munculnya ruam kemerahan pada kulit

Dua hingga lima hari setelah suhu naik, akan muncul ruam merah cerah di sekujur tubuh penderita. Ini adalah salah satu gejala demam berdarah yang jelas. 

BACA JUGA:Bulan Baik untuk Menikah, Berikut Peristiwa Besar yang Terjadi di Bulan Syawal, Umat Muslim Harus Tahu!

BACA JUGA:Cek Daftar Instansi yang Tidak Ada Perpanjangan Libur Lebaran, Menteri Anas: Tetap WFO 100 Persen

Menurut MedScape, ciri-ciri berikut ini merupakan ciri-ciri ruam demam berdarah. Pada awalnya, ruam hanya berupa bintik merah datar (dua hingga tiga hari). Ruam biasanya terjadi di seluruh tubuh, terutama di wajah, dada, dan persendian. 

Ruam kedua muncul setelah demam mereda. Bentuknya menyerupai penyakit campak dan biasanya terkonsentrasi pada telapak tangan dan telapak kaki.

5.      Nyeri otot dan kelelahan

Jika Anda demam, Anda mungkin merasakan nyeri pada otot dan persendian. Kondisi ini disebut juga mialgia. Rasa sakit biasanya terkonsentrasi pada organ yang bergerak seperti tangan, kaki, punggung, dan leher. Gejala-gejala tersebut seringkali membuat pasien merasa lelah.

6. Jika dalam seminggu tak kunjung membaik, pasien bisa mengalami komplikasi

Penderita demam berdarah biasanya mengalami perbaikan dalam waktu sekitar seminggu. Namun dalam beberapa kasus, gejalanya memburuk dan timbul komplikasi seperti pembekuan darah.

BACA JUGA:Heboh Aturan Ganti Seragam Sekolah, Ini Sosok Pencetus Warna Seragam Sekolah SD, SMP dan SMA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: