Heboh Aturan Ganti Seragam Sekolah, Ini Sosok Pencetus Warna Seragam Sekolah SD, SMP dan SMA

Heboh Aturan Ganti Seragam Sekolah, Ini Sosok Pencetus Warna Seragam Sekolah SD, SMP dan SMA

ilustrasi--

Heboh Aturan Ganti Seragam Sekolah, Ini Sosok Pencetus Warna Seragam Sekolah SD, SMP dan SMA

RAKYATBENTENG.COM - Sementara sedang heboh pro kontra buntut rencana pergantian seragam sekolah SD hingga SMA, muncul rasa keingintahuan siapa pencetus kali pertama penggunaan corak warna dan aturan penggunaan seragam sekolah di Indonesia. 

Melansir dari goodnewsfromindonesia.id, seragam untuk pertama kali digunakan di sekolah sejak penjajahan Jepang, sejak jepang pertama kali menjajah Indonesia pada tahun 1942. 

Saat itu peraturan pemakaian seragam di sekolah mulai diterapkan, karena Jepang membawa budaya disipilin yang sangat tinggi dalam pendidikan.

Nah disaat Indonesia merdeka dari pendudukan Jepang pada tanggal 17 Agustus 1945 budaya menggunakan seragam di sekolah masih diterapkan. 

Namun pada saat itu seragam sekolah belum memiliki corak warna, karena pemakaian seragam sudah menjadi kebiasaan di setiap sekolah.

Barulah pada tanggal 17 Maret 1982 Presiden Soeharto membuat peraturan perubahan seragam sehingga dikeluarkanlah surat keputusan mengenai peraturan penggunaan seragam sekolah bagi para siswa oleh Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 

Di dalam keputusan tersebut bukan hanya menyamakannya saja akan tetapi memberikan warna pada seragam tersebut.

Salah satu yang menjadi alasan menyamakan seragam di seluruh sekolah di Indonesia adalah untuk menhindari kesenjangan sosial. 

Agar tidak terjadi perbedaan antara siswa dengan orang tua yang ekonominya rendah dengan siswa yang orang tuanya berekonomi tinggi dalam pemakaian seragam sekolah.

Sosok pencetus penggunaan corak warna dan aturan penggunaan seragam di sekolah adalah Idiq Sulaeman yang pada waktu itu menjabat sebagai Direktur Pembinaan Kesiswaan di Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah dengan masa periode 1979-1983. 

Beliau merupakan alumni dari pendidikan seni rupa Intitut Teknologi Bandung (ITB) dan juga sebagai pencetus dari lambang OSIS dan Paskibraka. Warna sekolah pun diubah dan juga memiliki arti dari masing-masing warna.

BACA JUGA:Cek Daftar Instansi yang Tidak Ada Perpanjangan Libur Lebaran, Menteri Anas: Tetap WFO 100 Persen

BACA JUGA:Catat, Jadwal Operasional Bank Mandiri, BRI, BNI dan BSI setelah Libur Lebaran

  • Seragam SD menggunakan warna merah putih, warna tersebut memiliki arti energi dan keberanian.
  • Seragam SMP menggunakan warna biru putih, warna tersebut memiliki arti komunikasi dan percaya diri.
  • Seragam SMA menggunakan warna abu putih, waran tersebut memiliki arti kedewasaan dan ketenangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: