Bulan Baik untuk Menikah, Berikut Peristiwa Besar yang Terjadi di Bulan Syawal, Umat Muslim Harus Tahu!

Bulan Baik untuk Menikah, Berikut Peristiwa Besar yang Terjadi di Bulan Syawal, Umat Muslim Harus Tahu!

Ilustrasi--

Bulan Baik untuk Menikah, Berikut Peristiwa Besar yang Terjadi di Bulan Syawal, Umat Muslim Harus Tahu

RAKYATBENTENG.COM - Bukan hanya lebaran Idulfitri saja, di bulan Syawal sejumlah peristiwa penting terjadi. Dalam sejarah Islam, Syawal dikenal sebagai bulan yang penuh sejarah heroik. Peperangan yang melibatkan Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya melawan musuh-musuhnya terjadi bulan Syawal. 

Berikut peperangan yang terjadi di bulan Syawal sebagaimana dipaparkan Ustadz Sunnatullah, Pengajar di Pondok Pesantren Al-Hikmah Darussalam Durjan Kokop Bangkalan Jawa Timur dalam artikelnya, dilansir dari NU Online

1. Perang Uhud 

Dijelaskan Ustadz Sunnatullah bahwa Perang Uhud terjadi pada tahun ketiga di bulan Syawal setelah hijrahnya Nabi ke Madinah, sebagaimana yang telah disebutkan oleh ulama-ulama sejarah, seperti Imam Ibnu Katsir dalam salah satu karyanya, Sirah Nabawiyah li Ibn Katsir, dan Syekh Muhammad Said Ramadhan al-Buthi dalam Fiqih Sirah Nabawiyah.

2. Perang Khandaq (Parit) 

Perang Khandaq terjadi pada tahun kelima di bulan Syawal setelah hijrahnya nabi ke Madinah. Perang Khandaq diikuti oleh 3.000 personil umat Islam melawan koalisi kaum kafir dengan kekuatan 10.000 personil, dan menurut sebagian ulama sejarah ada yang mengatakan bahwa jumlah personil kaum kafir 15.000 pasukan, dengan koalisi antara orang kafir Makkah, kaum Yahudi, orang-orang Quraisy, dan beberapa kelompok konspirasi.

3. Perang Hunain 

Perang Hunain terjadi pada bulan Syawal tahun 8 hijriah di lembah Hunain, yaitu sebuah lembah yang menjadi pengubung kota Makkah dan Thaif. Perang ini diikuti oleh 12.000 personil, terdiri dari 10.000 penduduk kota Madinah, dan 2.000 dari kota Makkah. Sedangkan pasukan musuh terdiri dari 20.000 personil.

BACA JUGA:Catat, Jadwal Operasional Bank Mandiri, BRI, BNI dan BSI setelah Libur Lebaran

BACA JUGA:Kabar Gembira Buat ASN! Libur Lebaran Diperpanjang 2 Hari, Pemerintah Terapkan WFH Maksimal 50 Persen

BACA JUGA:Ini Syarat Dukungan yang Harus Dipenuhi Calon Bupati Bengkulu Tengah Jalur Independen

4. Perang Thaif 

Perang Thaif terjadi pada bulan Syawal tahun 8 hijriah, setelah meletusnya perang Hunain. Dalam perang ini, pasukan kaum Muslimin mengejar sisa-sisa pasukan Quraisy yang melarikan diri dari perang Hunain, yang bersembunyi di dalam benteng kota yang kokoh, sehingga umat Islam tidak dapat menembus benteng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: