Kenali Gejala Demam Berdarah di Sekitar Kita, Tetap Waspada!

Kenali Gejala Demam Berdarah di Sekitar Kita, Tetap Waspada!

ilustrasi--

Kenali Gejala Demam Berdarah di Sekitar Kita, Tetap Waspada!

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Musim hujan identik dengan meningkatnya kasus penyakit demam berdarah atau DBD. Penyakit ini disebabkan salah satu dari empat virus dengue. 

Virus ini terkait dengan virus penyebab West Nile dan demam kuning. Virus demam berdarah terutama ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti betina.

Namun jika ada gejalanya, yang paling umum adalah suhu tinggi, sakit kepala, badan pegal, mual, dan ruam. Kebanyakan orang membaik dalam waktu satu atau dua minggu, namun beberapa orang dengan demam berdarah parah perlu dirawat di rumah sakit. 

Jangan menyepelekan demam berdarah, karena bisa berakibat fatal pada kasus yang cukup parah. Penting untuk mengetahui gejala demam berdarah agar Anda tahu kapan harus berkonsultasi ke dokter dan mendapat pengobatan sesegera mungkin.

BACA JUGA:Siap-Siap, Kemendikbudristek Buka Lowong 40.541 Formasi CASN Tahun Ini, Cek Rinciannya

BACA JUGA:Gawat! Harga Minyak Dunia Naik Imbas Ketegangan Iran-Israel, Bagaimana Nasib BBM RI?

1.      Demam secara tiba-tiba dan fasenya seperti pelana kuda

Gejala demam berdarah yang pertama kali dikenali adalah peningkatan suhu tubuh yang tajam. Berbeda dengan penyakit lainnya, penyakit ini timbul secara tiba-tiba dan demamnya bisa mencapai 40 derajat Celcius. 

Perbedaan lain antara flu dan demam yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri adalah tidak adanya gejala flu, yaitu batuk, pilek, dan bersin. Perhatikan bahwa gejala demam berdarah dibandingkan dengan gejala pelana kuda.

Demam hingga 40°C biasanya terjadi selama tiga hari pertama. Pada hari keempat dan kelima, suhu akan turun hingga 37 derajat Celcius. Kemudian, pada hari keenam dan ketujuh, demam kembali mencapai tingkat yang sangat tinggi. 

Saat demamnya mereda, kondisi pasien tampak membaik. Namun di sinilah fase kritis terjadi. Pada tahap ini, pasien memerlukan pengobatan untuk menghindari komplikasi serius. 

BACA JUGA:Catat, Jadwal Operasional Bank Mandiri, BRI, BNI dan BSI setelah Libur Lebaran

BACA JUGA:Mau Tahu Besaran Uang KIP Tahun 2024 Ini? Berikut Penjelasannya                       

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: