Dilaksanakan Setelah Lebaran Idulfitri, Ini 5 Keutamaan Puasa Sunnah Syawal, Salah Satunya Raih

Dilaksanakan Setelah Lebaran Idulfitri, Ini 5 Keutamaan Puasa Sunnah Syawal, Salah Satunya Raih

ilustrasi--

Dilaksanakan Setelah Lebaran Idulfitri, Ini 5 Keutamaan Puasa Sunnah Syawal, Salah Satunya Raih

RAKYATBENTENG.COM - Salah satu puasa sunnah yang dianjurkan dalam Islam adalah melakukan puasa selama enam hari di bulan Syawal atau biasa disebut dengan puasa sunnah Syawal. Puasa ini dimulai sejak 2 Syawal atau berselang sehari setelah Hari Raya Idul Fitri.

Dari laman baznas.go.id hukum puasa Syawal adalah sunnah muakkadah, artinya sunnah yang sangat dianjurkan. Hal ini berdasarkan pada sabda Rasulullah SAW: 

 “Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa setahun.” (HR. Muslim)

Berikut adalah lima keutamaan puasa sunnah Syawal sebagaimana dikutip dari NU Online dalam tulisan berjudul Lima Keutamaan Puasa Sunnah Syawal

1. Penyempurna puasa Ramadan  

Salah satu manfaat ibadah sunnah adalah sebagai penyempurna ibadah fardhu. Sebagaimana shalat sunnah rawatib (qabliyah dan ba’diyah) yang bisa menjadi penyempurna bagi shalat fardhu. Demikian juga puasa sunnah Syawal bisa menjadi penyempurna puasa Ramadan.  

BACA JUGA:Sekda Bengkulu Tengah Rachmat Riyanto Sampaikan Ucapan Selamat Idulfitri

BACA JUGA:Tak Mengenal Libur Lebaran, Kemenkes Imbau Masyarakat Waspadai Penyakit Ini

BACA JUGA:Berkah Idulfitri 1445 H, 159.556 Napi Dapat Remisi Khusus, 977 Langsung Bebas

2. Pahala puasa satu tahun 

Dalam Al-Qur’an surat Al-An’am ayat 160 dijelaskan bahwa setiap satu amal ibadah akan dibalas pahala sepuluh kali lipatnya. Mengacu pada penjelasan ini, jika dikalkulasikan maka satu bulan puasa Ramadan dikali 10 sama dengan 10 bulan, kemudian 6 hari puasa Syawal dikali 10 sama dengan 2 bulan. Jadi 10 bulan ditambah 2 bulan sama dengan 12 bulan atau satu tahun. 

3. Tanda diterimanya puasa Ramadan  

Salah satu ciri-ciri diterimanya amal ibadah adalah konsistensi melakukan ibadah yang lain setelah ibadah pertama selesai. Begitupun dalam puasa Ramadan. Salah satu ciri-ciri diterimanya puasa Ramadan adalah seseorang melakukan puasa sunnah Syawal setelahnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: