Apa Saja Yang Perlu Dilakukan Untuk Berinvestasi di Reksadana? Berikut Beberapa Tips Yang Bisa Membantu Anda

Apa Saja Yang Perlu Dilakukan Untuk Berinvestasi di Reksadana? Berikut Beberapa Tips Yang Bisa Membantu Anda

ilustrasi--

Memahami 4 jenis reksadana yang ada kita dapat melihat kelebihan dan keuntungan yang ditawarkan. Sehingga kita dapat menyesuaikan dengan profil resiko dan keuntungan dengan tujuan kita berinvestasi.

BACA JUGA:Pendaftaran Bintara PK TNI AU 2024 untuk Lulusan SMA dan D3 Masih Dibuka Hingga 29 Februari

BACA JUGA:Aksi Unik 2 Aktivis Ormas Bentuk Protes ke KPU Bengkulu Tengah: Pemilu Luber Jurdil, Cayo Dak Yo!

3. Perhatikan legalitas lembaga penyedia reksadana

Kemudian, yang harus kita lakukan adalah melihat legalitas lembaga penyedia reksadana saat sudah memutuskan pilihan kita. Di Indonesia, perusahaan investasi reksadana biasanya harus diverifikasi terlebih dulu OJK, terkait kelayakannya untuk menyediakan layanan investasi reksadana.

4. Tentukan tujuan keuntungan investasi

Kita juga harus menentukan tujuan kita dalam berinvestasi di reksadana. Dimulai dari menyusun perencanaan berapa modal awal, kemudian melakukan kalkukasi berapa besar keuntungan yang diinginkan dan sebagainya.

5. Pahami potensi keuntungan reksadana

Kita harus benar-benar memahami potensi dari keuntungan dalam memilih investasi reksadana. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, setiap jenis reksadana memiliki keuntungan dan risikonya masing-masing.

BACA JUGA:Digelar Tanggal 10 Maret 2024 Secara Hybrid, Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan akan Melibatkan

BACA JUGA:Indonesia Masuki Periode Pancaroba, BMKG Ingatkan Waspada Cuaca Ekstrem dan Jaga Kesehatan

Jika kita dalam berinvestasi sudah siap dengan risiko yang lebih besar, maka pilihlah reksadana pendapatan tetap. Jika kita ingin risiko yang tinggi dan dengan keuntungan tinggi, maka disarankan untuk memilih reksadana saham.

6. Tetapkan rentang waktu investasi

Langkah terakhir yang perlu kita lakukan adalah menetapkan berapa lama waktu kita dalam berinvestasi. Bisa dilakukan dengan perhitungan bulan, atau juga dengan cara mengkalkulasikan kondisi yang baik setelah memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.

Itulah beberapa langkah dan tips yang perlu dilakukan dalam berinvestasi di reksadana. Langkah dan tips ini sebenarnya baik dilakukan oleh seluruh investor, tapi secara khusus sangat disarankan bagi investor pemula.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: