Apa Saja Yang Perlu Dilakukan Untuk Berinvestasi di Reksadana? Berikut Beberapa Tips Yang Bisa Membantu Anda

Apa Saja Yang Perlu Dilakukan Untuk Berinvestasi di Reksadana? Berikut Beberapa Tips Yang Bisa Membantu Anda

ilustrasi--

Apa Saja Yang Perlu Dilakukan Untuk Berinvestasi di Reksadana? Berikut Beberapa Tips Yang Bisa Membantu Anda

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Reksadana dalam beberapa tahun belakangan ini telah menjadi salah satu pilihan investasi bagi sebagaian besar orang. 

Hal ini karena reksadana dikenal sebagai intrumen investasi yang aman dan terjangkau dengan modal yang cukup kecil, apalagi saat ini berbagai platform investasi telah menawarkan investasi reksadana secara daring (online) seperti yang telah kita bahas dalam beberapa artikel sebelumnya.

Artikel kali ini kita akan bahas bagaimana cara investasi di reksadana yang secara umum terbagi menjadi 6. 

Investasi reksadana baik secara daring maupun luring secara umum masih menggunakan cara-cara yang akan kita bahas hari ini. Baik dari cara memilih lembaga penyedia reksadana sampai menetapkan rentang waktu untuk berinvestasi.

BACA JUGA:Siap-Siap, 6.000 ASN Pindah ke IKN Kalimantan Timur pada Bulan Juli 2024, Terdiri dari

BACA JUGA:Jalan Inpres Rp28 Miliar di Bengkulu Tengah Belum Seluruhnya Hotmix, BPJN Beberkan Penyebabnya

1. Memilih penyedia investasi reksadana

Langkah awal kita untuk berinvestasi di reksadana, khususnya bagi pemula adalah memilih penyedianya. Kita bisa memilih berbagai penyedia reksadana online yang menawarkan beragam produk. 

Tentunya dalam memilih penyedia tersebut ada baiknya kita melakukan pengecekan latar belakang penyedia, izin, alamat kantor dan membaca berbagai ketentuan untuk yang diberlakukan oleh penyedia layanan investasi reksadana. 

Hal ini untuk memastikan keamanan dana yang kita investasikan, benar-benar kepada penyedia yang berkompeten dengan izin yang lengkap dari Pemerintah, dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ataupun lembaga lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pengecekan dapat kita lakukan secara online melalui website resmi penyedia dan lembaga resmi seperti OJK.

2. Pelajari berbagai macam reksadana

Langkah berikutnya, adalah dengan mempelajari berbagai macam pilihan reksadana yang tersedia. 

Di Indonesia, secara umum terdapat 4 jenis reksadana yang bisa kita pilih, yaitu Reksadana pasar uang, Reksadana saham, Reksadana pendapatan tetap dan Reksadana campuran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: