Ingin Minum Kopi Biar Jadi Sehat? Simak Tips Berikut

Ingin Minum Kopi Biar Jadi Sehat? Simak Tips Berikut

ilustrasi--

BACA JUGA:Ini Kabupaten di Bengkulu dengan Jumlah Desa Terbanyak Dapat Dana Alokasi Kinerja, Bengkulu Tengah Urutan

BACA JUGA:Ada yang di Atas Rp1 Miliar, Ini Daftar Lengkap Dana Desa di Kecamatan Pondok Kelapa Bengkulu Tengah 2024

1. Beda orang, beda kebutuhan

Sebagian dari kita mungkin sanggup minum kopi hitam yang berdosis tinggi dan tetap merasa segar bugar sepanjang hari. Tapi tidak bagi sebagian yang lainnya, minum kopi setengah cangkir saja dapat membuat mereka gelisah dan sakit perut.

Jadi, kita tidak boleh meenggunakan diri kita sebagai batasan aman dari minum kopi. Ada baiknya, jika kita minum satu cangkir kopi saja bisa menimbulkan efek yang sangat mengganggu, sebaiknya hindari konsumsi kopi.

2. Kondisi kesehatan

Bagi orang yang memiliki penyakit jantung atau tekanan darah tinggi, sebaiknya harus mengubah porsi ngopi setiap harinya agar tidak mengalami efek negatif dari minum kopi. Meski begitu belum ada bukti kuat yang dapat menghubungkan tekanan darah tinggi dengan kebiasaan minum kopi, tapi dalam banyak kasus kebiasaan ini bisa memperparah kondisi hipertensi.

Jadi, untuk penderita jantung dan darah tinggi sebaiknya diskusikan aturan minum kopi dengan dokter terlebih dulu. Hal ini untuk menghindari risiko dampak buruk bagi tubuh.

BACA JUGA:22 Desa di Bengkulu Tengah Dapat Dana Alokasi Kinerja Masing-Masing Rp255.750.000, Ini Dia Daftarnya

BACA JUGA:Mau Berinvestasi di Reksadana? Ketahui Ini Keuntungan dan Resikonya

3. Pola tidur

Bagi sebagian besar orang minum kopi bisa mengganggu jam tidur, padahal tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kita. Hal ini karena kafein bisa menimbulkan rasa mulas, jantung berdebar, dan efek lainnya yang menyebabkan tidur kita jadi terganggu. Rata-rata, efek dari mengkonsumsi kafein bisa berlangsung selama 6 jam.

Jika, kamu memiliki kebiasaan untuk minum secangkir kopi pada sore hari. Sebaiknya carilah cara lain untuk mengatasi rasa kantuk tersebut. Seperti dengan melakukan aktivitas jalan-jalan sore, melakukan peregangan badan, atau minum air putih.

4. Faktor genetik

Proses pemecahan serta penyerapan kafein didalam tubuh kita dibantu oleh enzim tertentu. Perbedaan genetik pada seseorang dapat memengaruhi kerja enzim tersebut dan bisa berdampak pada metabolisme kafein didalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: