Jangan Anggap Sepele, Warna Upil Ternyata Bisa Jadi Petunjuk Kondisi Kesehatan Loh!

Jangan Anggap Sepele, Warna Upil Ternyata Bisa Jadi Petunjuk Kondisi Kesehatan Loh!

Ilustrasi--

Jangan Anggap Sepele, Warna Upil Ternyata Bisa Jadi Petunjuk Kondisi Kesehatan Loh!

RAKYAT BENTENG.COM - Mendengar kata upil yang terbayang di benak kita adalah kotoran dari dalam hidung yang dianggap menjijikkan. Siapa sangka ternyata upil bukanlah sekadar kotoran. Warna upil bisa menjadi petunjuk kondisi kesehatan tubuh Anda. 

Upil adalah kotoran hidung yang berasal dari udara yang dihirup. Upil terbentuk dari kotoran atau debu yang tersaring oleh bulu hidung dan bercampur dengan lendir. Debu dan lendir yang bercampur menumpuk dan mengeras menjadilah upil.

Mengorek upil dari dalam hidung menggunakan jari tangan lalu mengeluarkannya disebut mengupil. Hal ini dianggap sesuatu yang tidak sopan jika dilakukan di muka umum. Namun faktanya banyak orang yang terang-terangan mengupil. Sebagian lagi memilih sembunyi-sembunyi agar tidak kelihatan orang lain. 

Berikut beragam warna upil dan artinya yang hendaknya jangan dianggap sepele, dirangkum dari berbagai sumber: 

1. Hitam

Dari hasil studi mengungkapkan bahwa upil berwarna hitam berhubungan dengan kualitas udara setempat yang dihirup. Orang yang tinggal di perkotaan dimana udaranya bercampur asap knalpot kendaraan ataupun asap pabrik cenderung upilnya berwarna hitam. 

Namun warna upil yang hitam bisa menjadi pertanda adanya infeksi jamur yang serius. Kondisi ini biasanya dialami oleh orang-orang dengan gangguan sistem imun. Perokok atau pengguna obat terlarang juga bisa memiliki upil yang berwarna hitam.

BACA JUGA:Benarkah Buah Rambutan Bikin Batuk? Cek Fakta di Sini, Lengkap dengan Manfaatnya untuk Kesehatan

BACA JUGA:Buat Para Pecinta Mie, Ini Dia Tips Mengolah Mie Instan yang Simple, Lezat dan Sehat di Rumah

BACA JUGA:Rasakan Beragam Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan dari Merendam Kaki di Air Hangat

2. Kuning

Upil yang berwarna kekuningan menunjukkan bahwa tubuh sedang berusaha melawan infeksi. Warna kuning muncul dari sel-sel darah putih yang keluar bersamaan dengan lendir atau ingus.

3. Hijau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: