Simak Cara Mudah Memilih Durian Matang dan Manis, Belum Banyak yang Tahu!

Simak Cara Mudah Memilih Durian Matang dan Manis, Belum Banyak yang Tahu!

Ilustrasi--

Simak Cara Mudah Memilih Durian Matang dan Manis, Belum Banyak yang Tahu!

RAKYAT BENTENG.COM - Di Bengkulu sedang musimnya buah Durian. Dengan mudah Anda bisa mendapatkan buah yang dijuluki Raja Buah di pinggir jalan lintas Bengkulu Tengah-Kepahiang, Bengkulu Utara hingga di Ibu Kota Provinsi Bengkulu.

Pedagang durian pun sontak panen rezeki, dimana dagangannya laris manis diserbu pembeli. Harga yang ditawarkan tentu tidaklah sama. Tergantung lokasi di mana durian dijual dan kualitas durian itu sendiri.

Nah dalam memilih durian yang dipajang seringkali kita kecewa lantaran setelah dibuka ternyata isinya belum matang, jauh dari kata lezat. Padahal sang pedagang mengklaim buah yang dipilih sudah masak. Di sisi lain pembeli juga tidak mengetahui bagaimana trik memilih durian matang.

Artikel kali ini akan mengupas bagaimana cara mengetahui buah durian yang berkualitas dirangkum dari berbagai sumber, sehingga Anda tidak lagi kecewa.

1. Cium Aroma Durian

Sebelum membeli, cara memilih durian yang pertama adalah dengan mencium terlebih dahulu aroma atau baunya. Meski kulit durian masih tertutup rapat, namun aroma durian yang matang dan manis bisa tercium.

Anda bisa menghirup bau durian di sepanjang garis-garis yang terbelah di tengah tempat duri-durinya sejajar. Jika tidak ada aroma atau sangat samar artinya durian masih mentah. Jika aromanya kuat dan menyengat, durian itu terlalu matang. Disarankan untuk Anda mencari yang aromanya pas.

BACA JUGA:Ini Link Pendaftaran Lowong Tim Teknis dan Fasilitator Kecamatan Program TEKAD Kemendesa 2023

BACA JUGA:Viral Danau Biru di Talang Boseng, Kadis Pariwisata Sebut Mutiara Tersembunyi di Tengah Kebun Sawit

BACA JUGA:Libur Akhir Pekan Telah Tiba, Yuk Kunjungi Wisata Baru Danau Biru Dekat dari Ibu Kota Provinsi Bengkulu

2. Goyang dan Dengarkan

Cara berikutnya Anda bisa mengambil durian, menggoyangkannya sembari didengarkan. Jika terdengar suara keras benturan antara isi dan dinding kulit, berarti buah durian tidak matang.  Jika tidak menimbulkan suara, itu tanda yang belum matang atau kemungkinan besar terlalu matang.

3. Bentuk dan Duri

Bentuk buah durian yang ideal kurang beraturan. Durian yang bentuknya tidak sempurna biasanya justru lebih aromatik dan manis. Sedangkan durian yang bulat sempurna cenderung berasa lebih hambar. Warna durinya juga bisa menunjukkan kematangan durian.

Jika duri berwarna hijau terang menunjukkan durian belum matang, sedangkan jika durinya berwarna cokelat kering, tanda durian terlalu matang. Untuk kematangan yang sempurna, disarankan cari duri hijau dengan ujung cokelat.

Kemudian duri durian yang pendek dan jarang biasanya berisikan daging durian yang tebal dan manis. Sebaliknya, jika Anda menemukan duri yang panjang dan banyak biasanya dagingnya sedikit dan kurang manis.

4. Tangkai

Jika durian masih memiliki tangkai Anda bisa memperhatikan lebih dekat. Tangkai yang tebal menunjukkan bahwa durian menerima banyak nutrisi dari pohonnya, sehingga besar kemungkinan buah tersebut memiliki daging yang lebih tebal dan rasa yang lebih baik.

Jika tangkainya berwarna lebih gelap berarti sudah tua atau cukup lama dari waktu panennya, jika masih berwarna coklat muda berarti baru saja dipetik. Durian tanpa tangkai perlu dicurigai karena kemungkinan dipotong oleh penjual yang berniat menjual durian dengan kualitas buruk atau kurang segar.

Cara lain untuk memastikan rasa durian manis bisa juga dengan memotong sedikit tangkai buah durian. Kemudian jilat tangkai yang dipotong tadi. Jika terasa manis, maka dijamin rasa durian itu akan manis.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: