Jangan Ngaku Pecinta Durian kalau Belum Tahu Sederet Fakta Unik Berikut

Jangan Ngaku Pecinta Durian kalau Belum Tahu Sederet Fakta Unik Berikut

Ilustrasi--

Jangan Ngaku Pecinta Durian kalau Belum Tahu Sederet Fakta Unik Berikut

RAKYAT BENTENG.COM - Siapa yang tidak menyukai buah yang dijuluki Rajanya Buah? Saban tiba musimnya, durian selalu laris manis diserbu pecinta durian. Provinsi Bengkulu, khususnya Bengkulu Tengah dan Bengkulu Utara termasuk daerah penghasil durian terbesar. Sampai-sampai beberapa desa menggunakan durian sebagai nama resminya lantaran banyaknya pohon durian di desa tersebut.

Dilansir dari wikipedia, durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri.

Meski disukai banyak orang namun ada juga sebagian orang tidak menyukai buah durian karena baunya yang menyengat dan rasanya yang tajam. Padahal durian memiliki rasa yang nikmat dan mengandung berbagai kandungan vitamin dan mineral. Asal mengonsumsinya tidak berlebihan, kamu bisa mendapatkan manfaat durian untuk kesehatan. Sebaliknya jika kebabalasan menyantap durian bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Berikut sederet fakta unik buah durian yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Berasal dari Indonesia

Menurut PPHP Kementerian Pertanian, buah yang memiliki nama latin Durio Zibethinus di berbagai negara awalnya berasal dari plasma nutfah durian Indonesia.

2. Dikonsumsi Sejak 1300 Tahun Lalu

Dalam beberapa relief di candi Borobudur, dari 2672 panel kisah, beberapa di antaranya menampilkan buah durian yang dijadikan sesembahan buat raja dan diperjualbelikan. Dari relief tersebut terungkap bahwa durian sudah dikonsumsi oleh penduduk Nusantara sejak 1300 tahun yang lalu.

BACA JUGA:Simak Cara Mudah Memilih Durian Matang dan Manis, Belum Banyak yang Tahu!

3. Tercatat dalam Laporan Perjalanan Penjelajah Eropa Abad ke-15

Durian di masa lalu terdapat di dalam laporan perjalanan para penjelajah Eropa abad ke-15. Dalam buku Java Essay: The History and Culture of Southern Country karya Masatoshi Iguchi mengisahkan ekspedisi VOC di wilayah Batavia sampai Bogor pada 1687. Dalam ekspedisi yang dipimpin oleh Pieter Scipio van Ostende itu diketahui telah banyak pohon durian yang tumbuh di sekitar Bogor.

4. Dijuluki Raja Buah

Selain karena ukurannya yang besar dan berduri, alasan durian dijuluki rajanya buah lantaran dalam satu daging durian mengandung antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan B2, kaya akan mineral, potasium, zat besi, kalsium, magnesium dan fosfor.

5. Aromanya Sangat Menyengat

Selain rasanya yang unik, durian juga memiliki aroma dan bau yang berbeda dari buah-buah lainnya. Dikutip dari digitani.ipb.ac.id sekelompok peneliti di Technical University of Munich di Jerman merilis hasil penelitian dimana asam amino langka yang disebut etionin merupakan penyebab menyengatnya aroma durian. Sementara studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan bahwa kandungan etioninnya meningkat saat durian matang yang menyebabkan buah durian melepaskan baunya.

6. Harga Termahal Mencapai  Rp681.000.000

Pada tahun 2019 lalu sempat heboh durian dengan harga super fantastis. Durian ini laku terjual dalam sebuah lelang durian di Thailand yang bernama Festival King of Durian 2019 yang mana harganya mencapai Rp 681 juta. Durian tersebut merupakan durian kanyao dari Thailand memiliki rasa yang lembut dan manis. 

Dikutip dari Specialty Produce, durian yang berasal dari Thailand ini pertama kali dibudidayakan di Provinsi Nonthaburi. Durian yang dibawa dari daerah Sumatera dan Kalimantan ini ditanam di Thailand pada usia dini.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: