Titik Nol Indonesia Bukan di Pulau Sabang Aceh Saja, Tapi Ada di 2 Wilayah Ini, Salah Satunya Baru Diresmikan

Titik Nol Indonesia Bukan di Pulau Sabang Aceh Saja, Tapi Ada di 2 Wilayah Ini, Salah Satunya Baru Diresmikan

Titik Nol Indonesia salah satunya Titik Nol Nusantara.--

Titik Nol Indonesia Bukan di Pulau Sabang Aceh Saja, Tapi Ada di 2 Wilayah Ini, Salah Satunya Baru Diresmikan

RAKYATBENTENG.COM - Bagi sebagian orang mengira kalau titik nol di Indonesia hanya ada di Pulau Sabang, Aceh. Kenyataannya ada banyak “titik nol kilometer” yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Termasuk di kota-kota besar seperti Jakarta, semarang, padang, Surabaya,dan  Yogyakarta.

Pada dasarnya Titik Nol Kilometer adalah penanda geografis yang berada di suatu wilayah. Istilah lainnya untuk titik ini adalah kilometer nol atau 0 km. Cara untuk menentukan lokasi dari kilometer nol ini adalah dengan merujuk pada koordinat geografis yang akan ditetapkan sebagai pusat atau titik mula wilayah tersebut. Bahkan, beberapa titik nol kilometer di Indonesia sudah ada sejak zaman kolonial Belanda.

BACA JUGA:Masih Alami, Ini 4 Objek Wisata Tersembunyi di Sumatera Barat Simpan Keindahan Surgawi Dunia

Titik nol kilometer adalah titik spesial yang menandai awal perhitungan jarak di seluruh Indonesia.  setiap titik nol kilometer ini memiliki cerita dan keindahannya masing-masing. Belakangan, di beberapa wilayah, “titik nol kilometer” menjadi destinasi wisata bagi pelancong lokal maupun luar negeri.  Saat kamu berkunjung ke tempat ini, kamu bisa menemukan berbagai monumen, patung, dan tugu yang menandai titik nol kilometer di setiap tempat.

BACA JUGA:Kenali Kebun Binatang Gembira Loka, Wisata Cukup Terkenal di Yogyakarta Tetap Eksis dan Hits Meski Sudah Tua

Ini dia titik nol penting yang cocok untuk kamu berswafoto :

1. Titik Nol Kilometer Sabang
Titik nol kilometer Sabang sering disebut penanda geografis ujung terjauh Barat Indonesia. Lokasinya ada di Desa Iboih Ujong Ba'u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Terdapat tugu titik nol yang berdiri di atas tebing dan menghadap langsung ke Samudra Hindia.

Mengunjungi titik nol Sabang kurang lengkap tanpa menyelami keindahan bawah laut di Sabang. Terumbu karang yang sangat cantik bisa kita lihat langsung di beberapa spot selam di Sabang. Ada sekitar 20 titik selam di Sabang, antara lain West Seulako, Arus Balee, Rubiah Jetty, hingga Sophie RIckmers.
Karena keindahan bahari yang memesona, tak heran kalau Sabang kerap menggelar berbagai sport tourism olahraga air, yakni Sabang Freediving dan Sabang Marine Festival.

BACA JUGA:Masya Allah, 5 Lokasi Wisata Religi di Indonesia Ini Bisa Bikin Takjub, Salah Satunya Pernah Dihantam Tsunami

2. Titik Nol Kilometer Merauke
Saat menjejakkan kaki di titik nol kilometer Merauke yang berdekatan dengan perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini, tak terasa sudah berada di ujung paling timur Indonesia. Di titik nol kilometer ini Anda bisa menemukan monumen bertulisan "0 Km Merauke-Sabang" yang cukup besar.

Jika liburan ke Merauke, Anda harus menyempatkan berkunjung ke Monumen Kapsul Waktu yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 16 November 2018. Monumen ini berada di Alun-alun, Klp Lima, Merauke. Monumen ini berisikan impian anak-anak Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Impian ini ditulis pada 2015 dan akan dibuka pada 2085.
Pembangunan Monumen Kapsul Waktu yang total luasnya 2,5 hektare ini mengangkat unsur budaya Papua, di mana Kapsul Waktu diletakkan di atas bangunan yang terinspirasi dari menara perang Suku Dani.

BACA JUGA:Pantai Terindah di Indonesia Wajib Kamu Jumpai, Siapa Sangka Salah Satunya Ada Pantai dari Provinsi Bengkulu

Bangunan tugu ini dilengkapi dengan 105 anak tangga yang landai menuju ke puncak. Bangunannya dilengkapi dengan lima akses masuk yang menyimbolkan lima suku asli di Merauke sebagai penjaga tugu kapsul waktu, yaitu Suku Muyu, Suku Malind, Suku Mandobo, Suku Auyu, dan Suku Mappi.

Sementara pada bagian dalamnya dilengkapi dengan relief perjalanan bangsa Indonesia, kebudayaan Papua dan Pancasila. Monumen itu memiliki lebar 17 meter dengan tinggi 8 meter dan panjang 45 meter, di mana angka-angka tersebut memang sengaja dipilih yang mana memiliki makna istimewa untuk Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: