Titik Nol Indonesia Bukan di Pulau Sabang Aceh Saja, Tapi Ada di 2 Wilayah Ini, Salah Satunya Baru Diresmikan

Titik Nol Indonesia Bukan di Pulau Sabang Aceh Saja, Tapi Ada di 2 Wilayah Ini, Salah Satunya Baru Diresmikan

Titik Nol Indonesia salah satunya Titik Nol Nusantara.--

Bagi yang ingin melihat langsung kanguru di Merauke, bisa berkunjung ke Taman Nasional Wasur yang berada di Kecamatan Sota, Merauke. Kerennya lagi, di area Taman Nasional ini juga dihuni empat suku asli, yakni Suku Kanume, Suku Yeinan, Suku Marori Menge, dan Suku Marind.

BACA JUGA:Bukit Batu di Bengkulu Ini Jadi Lokasi Panjat Tebing Favoritnya Pecinta Alam, Objek Wisata Terpopuler 2018

3. Titik Nol Kilometer Nusantara
Paling anyar adalah titik nol kilometer yang ada di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pada 2022, pemerintah telah meresmikan monumen setinggi 50 cm sebagai penanda titik nol kilometer. Titik nol ini berada di Kecamatan Samboja dan Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Menjadi patokan infrastruktur pembangunan Ibu Kota baru Indonesia, tugu nol kilometer di Nusantara mulai ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan pembangunan IKN. Selain melihat tugu nol kilometer di Nusantara, masyarakat juga bisa menikmati udara segar dan memacu adrenalin di Bukit Bengkirai, Kutai Kartanegara.

Tentunya, tidak afdol jika berkunjung ke IKN tanpa melihat langsung budaya khas Dayak yang masih terjaga dengan baik. Pengalaman tersebut dirasakan dengan menyambangi Desa Wisata Pampang di Kota Samarinda. Lokasinya dekat Bandara APT Pranoto. Di sana terdapat Rumah Adat Betang yang menjadi tempat tinggal Suku Dayak Apokayan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: