Masya Allah, 5 Lokasi Wisata Religi di Indonesia Ini Bisa Bikin Takjub, Salah Satunya Pernah Dihantam Tsunami

Masya Allah, 5 Lokasi Wisata Religi di Indonesia Ini Bisa Bikin Takjub, Salah Satunya Pernah Dihantam Tsunami

Masjid Aschabul Kahfi di perut Bumi al-Maghribi Tuban.--

Masya Allah, 5 Lokasi Wisata Religi di Indonesia Ini Bisa Bikin Takjub, Salah Satunya Pernah Dihantam Tsunami

RAKYATBENTENG.COM - Mengunjungi tempat wisata di Indonesia memang agak menguras fikiran karena sangat banyak dan beragam. Misalnya wisata alam, Wisata Religi, wisata budaya, sejarah, pendidikan dan masih banyak jenis lainnya.

Bagi umat Islam, wisata religi bisa menjadi destinasi penting, baik yang berkaitan dengan meningkatkan keimanan maupun sekadar liburan untuk menambah pengalaman. Anjuran mengenai wisata religi juga dijelaskan dalam Al-Quran surat Al Hajj ayat 46.

BACA JUGA:Pantai Terindah di Indonesia Wajib Kamu Jumpai, Siapa Sangka Salah Satunya Ada Pantai dari Provinsi Bengkulu

 “Tidakkah mereka berjalan di bumi sehingga hati mereka dapat memahami atau telinga mereka dapat mendengar? Sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang berada dalam dada.” (Q.S. Al Hajj: 46)

Ayat Alquran ini menjelaskan bahwa umat Islam dianjurkan melakukan perjalanan untuk membuka hati terhadap kebesaran Allah SWT di  bumi. Oleh karena itu, umat Islam pun belajar menjaga alam sebagai penghormatan terhadap kebesaran Allah SWT.

Wisata religi merupakan jenis wisata dalam bidang wisata budaya. Dengan demikian, wisata budaya  mencakup wisata religi yang bertujuan untuk melakukan ziarah atau kegiatan keagamaan lainnya. Inilah sebabnya mengapa banyak umat Islam sering memandang wisata religi sebagai ziarah ke tempat-tempat yang bernilai sejarah Islam.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Gua Terpopuler Menakjubkan yang Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

Berikut daftar rekomendasi wisata religi di Indonesia yang bisa kamu kunjungi dan punya nilai sejarah amat berarti:

1. Masjid Agung Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman atau Masjid Kesultanan Aceh  terletak di kota Banda Aceh. Masjid yang dibangun pada tahun 1879 ini merupakan simbol agama, budaya, kekuatan dan perjuangan masyarakat Aceh.
Selain menjadi peninggalan sejarah, Masjid Raya Baiturrahman  juga menjadi landmark istimewa Kota Aceh karena tetap  kokoh meski terkena dampak gempa dan tsunami Aceh tahun 2004.  

2. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Semarang
Anda juga bisa mengunjungi kawasan wisata religi Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terletak di pusat kota Semarang. Masjid ini memiliki desain bangunan dengan perpaduan gaya arsitektur Jawa, Islam, dan Romawi.
Selain itu, masjid ini juga memiliki daya tarik Menara Al Husna  yang tingginya sekitar 99 meter. Selain itu, keindahan MAJT juga dilengkapi dengan payung hidrolik raksasa serupa yang ada di Masjid Nabawi, Madinah. Selain fungsinya sebagai tempat ibadah, masjid ini sering digunakan sebagai tempat wisata umum, pusat pendidikan, dan pusat memasyarakatkan agama Islam.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting Film Hollywood, di Mana Saja?

3. Makam Sunan Gunung Jati
Wisata religi di Cirebon bagi umat Islam adalah Makam Sunan Gunung Jati. Tempat wisata religi ini terletak di Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Makam Sunan Gunung Jati memiliki desain arsitektur campuran Cina, Arab, dan Jawa. Dinding makam terbuat dari porselen dan keramik. Dinding makam menggunakan ukiran kaligrafi dalam bentuk bahasa Arab.

4. Masjid Aschabul Kahfi di perut  Bumi al-Maghribi, Tuban
Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi al-Maghribi adalah sebuah masjid yang terletak di Tuban, Jawa Timur. Masjid ini terbilang  unik karena bangunannya berada di dalam gua bawah tanah. Dinding dan tiang masjid  terbuat dari marmer dengan hiasan ukiran kaligrafi Arab dan Jawa yang bersinar jika disinari lampu hias warna-warni.

5. Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari, Tebuireng
Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari Tebuireng adalah sebuah museum Islam yang terletak di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Museum ini menampilkan berbagai informasi dan koleksi yang menggambarkan perjalanan dan perkembangan Islam di nusantara. Dengan model bangunan  berbentuk limas, museum ini memiliki tugu At-tauhid dengan 99 hiasan  Asmaul Husna pada bagian fasadnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: