Rilis Terbaru BKN, Kementerian ESDM Baru Lima Pelamar, Peluang Jadi CPNS Makin Tinggi, Buruan Daftar

Rilis Terbaru BKN, Kementerian ESDM Baru Lima Pelamar, Peluang Jadi CPNS Makin Tinggi, Buruan Daftar

Seleksi CPNS Kementerian ESDM 2023.--

Rilis Terbaru BKN, Kementerian ESDM Baru Lima Pelamar, Peluang Jadi CPNS Makin Tinggi, Buruan Daftar

 

RAKYATBENTENG.COM – Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengeluarkan rilis terbaru statistik jumlah pelamar seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023, baik seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

BACA JUGA:Presiden Jokowi Ungkap Alasan Tunjuk Arief Prasetyo Plt Menteri Pertanian Gantikan SYL

 

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) masuk dalam daftar instansi yang paling sedikit pelamar seleksi CPNS 2023. Tercatat hingga 6 Oktober pukul 12.00 WIB, pelamar CPNS 2023 pada Kementerian ESDM baru 5 orang. Sementara itu kebutuhan formasi sebanyak 4 orang untuk lowong jabatan Asisten Ahli Dosen dengan kualifikasi pendidikan S-2 Teknik Pertambangan dan S-2 Material Metalurgi.

BACA JUGA:Mudah! Ini Cara Atasi Gagal Saat Pembubuhan E-Meterai Daftar CPNS dan PPPK 2023

 

Sementara itu, dilihat dari jumlah pelamar saat ini dibandingkan dengan formasi yang dibutuhkan, peluang menjadi seorang ASN makin tinggi. Namun tetap dengan syarat pelamar telah lolos seleksi administrasi dan melampaui nilai ambang batas atau passing grade pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

BACA JUGA:Bikin Geleng-Geleng Kepala, Formasi PPPK Pemerintah Bengkulu Tengah Sepi Peminat, Deadline 9 Oktober

 

Adapun jika kamu berminat, bisa mendaftarkan diri segera pada akun resmi CASN 2023, sscasn.bkn.go.id/. Pendaftaran masih dibuka hingga 9 Oktober 2023 mendatang. Berikut ini disampaikan kriteria pelamar dan tata cara pendaftaran:

 

Kriteria pelamar

 

1. Kebutuhan Umum

 

Merupakan pelamar lulusan Perguruan Tinggi yang memenuhi kualifikasi pendidikan dan persyaratan sebagaimana dalam pengumuman ini.

 

2. Kebutuhan Khusus

 

1. Diaspora Warga Negara Indonesia yang memiliki Paspor Republik Indonesia yang masih berlaku dan menetap di luar wilayah Republik Indonesia serta bekerja sebagai tenaga profesional di bidangnya yang dibuktikan dengan surat rekomendasi dari tempat yang bersangkutan bekerja selama paling singkat 2 (dua) tahun.

 

2. Putra/Putri Papua dan Papua Barat Merupakan pelamar keturunan Papua dan Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak atau ibu) asli Papua dan Papua Barat yang dibuktikan dengan : a) Akta kelahiran atau surat keterangan lahir pelamar; dan b) Surat keterangan dari kepala desa/kepala suku.

BACA JUGA:Kementerian Perindustrian Buka Lowong Formasi CPNS 2023, Daftar Sekarang Auto Jadi ASN, Ini Faktanya

 

Tata cara pendaftaran

 

1. Membuat akun dengan melakukan registrasi online pada laman https://sscasn.bkn.go.id/ dengan cara:

 

·         Mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Kartu Keluarga (KK)/NIK Kepala Keluarga;

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: