Bukan Sekadar Pelengkap, Ternyata Ini Manfaat Dahsyat Lalapan pada Pecel Lele untuk Kesehatan

Bukan Sekadar Pelengkap, Ternyata Ini Manfaat Dahsyat Lalapan pada Pecel Lele untuk Kesehatan

Ilustrasi--

Bukan Sekadar Pelengkap, Ternyata Ini Manfaat Dahsyat Lalapan pada Pecel Lele untuk Kesehatan

RAKYAT BENTENG.COM - Siapa yang tak kenal dengan pecel lele? makanan khas tradisional daerah Jawa ini disukai banyak masyarakat Indonesia. Selain harganya yang bersahabat dengan kantong, kenikmatannya bikin ketagihan. 

Satu porsi pecel lele terdiri dari ikan lele goreng, ada juga pilihan lainnya seperti ayam atau bebek yang dipadu dengan sambal lalu dilengkapi dengan sayur lalapan mentah seperti daun kemangi, potongan timun, irisan kubis atau kol. 

Tahukah Anda ternyata lalapan yang disajikan dalam pecel lele memiliki manfaat untuk kesehatan. Dengan kata lain bukan sekadar pelengkap apalagi hiasan. Kandungan dari lalapan yang luar biasa diyakini menyeimbangkan. 

Seperti diketahui bahwa pecel lele dibuat dengan cara digoreng, dan kebanyakan penjual menggoreng dengan minyak yang digunakan berulang kali. Dan penggunaan minyak goreng secara berulang rentan memicu gangguan kesehatan.  

Lantas apa sajakah manfaat lalapan dalam menu pecel lele, berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber: 

1. Kubis atau Kol 

Kol mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti Kalori, Protein, Vitamin K, Vitamin C, Folat, Mangan, Vitamin B6, Kalsium, Kalium, Magnesium dan kandungan lainnya. 

Menariknya lagi, sayur dengan nama lain kubis ini juga tinggi serat dan mengandung sejumlah antioksidan kuat seperti polifenol dan antosianin.

Beragam kandungannya itu memiliki manfaat bagi kesehatan seperti menurunkan tekanan darah, meningkatkan pencernaan, mengurangi peradangan, menjaga kesehatan jantung, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan banyak lagi. 

BACA JUGA:WASPADA! Penyakit-Penyakit Ini Rawan Menyerang di Tengah Cuaca Panas Bedengkang

BACA JUGA:Mitos atau Fakta, Mandi Malam Hari Menyebabkan Rematik? Cek Penjelasannya di Sini

BACA JUGA:Simak Dampak Mengerikan Cyberbullying, Salah Satunya Risiko Bunuh Diri

2. Daun Kemangi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: