WASPADA! Penyakit-Penyakit Ini Rawan Menyerang di Tengah Cuaca Panas Bedengkang

WASPADA! Penyakit-Penyakit Ini Rawan Menyerang di Tengah Cuaca Panas Bedengkang

Ilustrasi--

WASPADA! Penyakit-Penyakit Ini Rawan Menyerang di Tengah Cuaca Panas Bedengkang 

RAKYAT BENTENG.COM - Suhu panas bedengkang yang melanda belakangan ini tidak hanya menyebabkan badan menjadi lemas dan tidak nyaman, tetapi  juga dapat mengakibatkan tubuh rentan terserang berbagai penyakit.   

Hal ini dikarenakan kenaikan suhu tubuh yang terlalu cepat akibat pengaruh eksternal mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur suhu yang dapat menyebabkan serangkaian penyakit. 

Karena itu Anda perlu mewaspadai beberapa penyakit yang mungkin dialami pada cuaca panas ekstrem. Berikut daftar penyakit yang rawan menyerang di tengah cuaca panas dilansir dari laman yankes.kemkes.go.id :

1. Sakit Kepala Sebelah (Migrain) 

Migrain disebabkan karena tubuh terpapar sinar matahari yang terik, selain itu kondisi ini juga bisa terjadi jika tubuh terpapar polusi udara berlebihan.

2. Panas Dalam 

Cuaca yang terlalu panas dapat menyebabkan tubuh mengalami panas berlebihan, dan Jika ditambah dengan asupan makanan yang kurang tepat, misalnya terlalu banyak makan gorengan atau pedas, maka bisa memicu masalah panas dalam.

BACA JUGA:Bukan Es, Ini Makanan yang Recommended Dikonsumsi saat Cuaca Panas Bedengkang

BACA JUGA:Cegah Stunting pada Anak dengan Terapkan ABCDE, Ini Penjelasannya

3. Infeksi Saluran Pernapasan Gangguan kesehatan seperti infeksi saluran pernapasan rentan menyerang saat cuaca panas dan berdebu. Tentu saja hal ini terjadi apabila ketika beraktivitas di luar ruangan atau saat mengendarai kendaraan umum maupun sepeda motor tidak menggunakan masker. 

Cuaca panas juga seringkali menyebabkan kebakaran hutan seperti yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, dimana asap tebal yang ditimbulkannya apabila terhirup dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

4. Sakit Mata 

Sakit mata juga merupakan salah satu penyakit saat cuaca panas yang perlu diperhatikan, terutama jika kotoran, debu, dan asap terpapar mata saat beraktivitas.  Akibatnya mata mengelami berbagai gangguan seperti mata merah, gatal, atau panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: