Simak Dampak Mengerikan Cyberbullying, Salah Satunya Risiko Bunuh Diri

Simak Dampak Mengerikan Cyberbullying, Salah Satunya Risiko Bunuh Diri

--

Simak Dampak Mengerikan Cyberbullying, Salah Satunya Risiko Bunuh Diri 

RAKYAT BENTENG.COM - Perundungan dunia maya atau Cyberbullying kerap terjadi seiring dengan semakin marak dan luasnya penggunaan teknologi digital. Korban cyberbullying seringkali menghadapi serangkaian ancaman, intimidasi, pelecehan, dan penghinaan yang tersebar luas melalui media sosial, pesan teks, atau platform daring lainnya. 

Cyberbullying merupakan kekerasan non fisik secara tidak langsung yang dampaknya bisa lebih berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang, karena dipermalukan di media sosial yang diketahui banyak orang dan meninggalkan jejak digital. Dampak psikologis cyberbullying bisa sangat merusak, sehingga sangat penting untuk memahami bagaimana tindakan ini dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Berikut dampak mengerikan dari cyberbullying dikutip dari laman yankes.kemkes.go.id

Gangguan Kesehatan Mental : 

Salah satu dampak paling serius dari cyberbullying adalah gangguan kesehatan mental. Korban dapat mengalami gangguan cemas, depresi, penyalahgunaan zat dan lainnya. Mereka mungkin merasa terisolasi, tidak berdaya, dan merasa bahwa tidak ada tempat yang aman untuk mereka. Gangguan kesehatan mental ini bisa berdampak dari yang ringan hingga berat tergantung bagaimana resiliensi mental korban.

Rasa Takut dan Kekhawatiran :

Korban cyberbullying sering hidup dalam ketakutan yang menetap. Mereka mungkin merasa khawatir bahwa serangan akan terus berlanjut atau bahkan meningkat. Rasa takut ini bisa sangat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Perubahan Perilaku :

Beberapa korban cyberbullying dapat mengalami perubahan perilaku yang mencolok. Mereka mungkin menjadi lebih tertutup, marah, atau bahkan cenderung melakukan tindakan yang merugikan diri mereka sendiri.

Risiko Bunuh Diri : 

Salah satu dampak psikologis yang paling serius adalah risiko bunuh diri. Korban yang merasa tidak memiliki jalan keluar dari situasi yang dihadapinya (depresi berat) dapat memiliki pemikiran bunuh diri yang sangat berbahaya.

BACA JUGA:Buah Surga yang Disukai Rasulullah SAW: Ini 5 Manfaat Luar Biasa Buah Delima untuk Kesehatan

BACA JUGA:Memelihara Kucing Berpengaruh Positif Bagi Kesehatan, Mitos atau Fakta?

Kurang Percaya Diri :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: