Anger Issues, Apakah Marah Menandakan Kesehatan Mental? Berikut Penjelasannya

Anger Issues, Apakah Marah Menandakan Kesehatan Mental? Berikut Penjelasannya

Anger Issue atau kemarahan adalah respons alami dan naluriah terhadap ancaman. Kemarahan terkadang diperlukan untuk bertahan hidup --Foto: https://www.happierhuman.com--

BACA JUGA:PT MUM Kembali Buka Loker BUMN Khusus Bagi Lulusan S1 IT, Simak Kualifikasi dan Persyaratannya

BACA JUGA:Minum Air Hangat Bisa Turunkan Berat Badan, Simak Waktu Terbaiknya!

4. Kapan Harus Menemui Profesional Kesehatan Mental?

Jika masalah kemarahan memengaruhi kehidupan pribadi atau profesional Anda sehari-hari, sebaiknya temui ahli kesehatan mental. Waspadai tanda-tanda peringatan berikut:

Mengalami konflik berulang dalam hubungan karena amarah, Putusnya hubungan akibat kemarahan, Peningkatan frekuensi, intensitas, atau durasi gejala kemarahan dan Meningkatnya frekuensi, intensitas, atau durasi emosi yang mendasari yang memicu kemarahan.

5. Penanganan

Jika Anda menderita masalah kemarahan kronis, ada banyak pilihan pengobatan. Para ahli kesehatan mental biasanya mencoba beberapa pendekatan berikut:

Terapi perilaku kognitif: Ini adalah jenis terapi yang membantu mengidentifikasi pola pikir negatif yang dapat melanggengkan kemarahan. 

BACA JUGA:Katalog Promo JSM Alfamart 27-29 September 2024, Spesial Gajian Untung Minyak Goreng Mulai Rp34 Ribuan

BACA JUGA:Jejak Seperti Telapak Harimau Ditemukan di Perkebunan Wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah, Begini Penampakannya

Setelah Anda menyadari pola pikir negatif ini, Anda dapat mulai berupaya mengubah pola pikir tersebut, yang pada gilirannya akan mengubah perilaku Anda. 

Anda juga mungkin menemukan kelas atau kelompok manajemen amarah, yang kemungkinan besar akan menggunakan terapi perilaku kognitif dalam prosesnya.

Terapi singkat yang berfokus pada solusi: Metode ini dapat membantu mengidentifikasi pengecualian terhadap masalah kemarahan dan kemudian membuat perubahan nyata berdasarkan hal tersebut. 

Misalnya, apa bedanya dengan kemampuan mengelola secara efektif pemicu atau perasaan yang biasanya berujung pada kemarahan? 

BACA JUGA:Cek Fakta Dugaan Perselingkuhan Oknum ASN dan Oknum Aparat Digerebek Istri Sah di Hotel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: