Derita Kolesterol Tinggi? Ketahui Penyebabnya, Nomor 3 Perlu Diwaspadai

Derita Kolesterol Tinggi? Ketahui Penyebabnya, Nomor 3 Perlu Diwaspadai

Kolesterol tinggi adalah suatu kondisi dimana terdapat terlalu banyak lipid (lemak) di dalam darah --Foto: https://blogs.insanmedika.co.id--

Merokok dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan menyebabkan penumpukan tar di arteri Anda, sehingga kolesterol lebih mudah menempel di dinding arteri.

2. Faktor Biologis

Usia, jenis kelamin biologis, dan etnis merupakan faktor risiko yang dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. 

Dikatakan bahwa pria lebih mungkin memiliki kolesterol tinggi dibandingkan wanita. Etnis juga dianggap penting, jika Anda keturunan Asia Selatan, kemungkinan besar Anda memiliki kolesterol tinggi.

3. Gen

Hiperkolesterolemia familial diturunkan dari generasi ke generasi melalui gen yang salah dan dapat menyebabkan kadar kolesterol sangat tinggi. 

Kadar lipoprotein (a) yang tinggi merupakan suatu kondisi yang dapat menyebabkan gangguan jantung seperti serangan jantung dan stroke. 

BACA JUGA:Mau Beli HP Murah tapi Canggih? Ini Dia 6 Rekomendasi HP dengan Fitur NFC Terbaik 2024, Harga Cuma Sejutaan

BACA JUGA:Lowongan Magang BUMN dari Bank Mandiri untuk Mahasiswa Aktif, Cek Posisi dan Kualifikasi Lengkapnya Disini

Faktanya, lipoprotein (a) bersifat “lengket” dan dapat menumpuk di arteri. Kondisi ini biasanya merupakan penyakit keturunan, meski ada penyebab lain.

4. Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan yang secara umum dapat memberikan dampak terhadap kolesterol, adalah sebagai berikut:

·       Penyakit ginjal, ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, berisiko mengubah cara tubuh menangani kolesterol, yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

·       Penyakit hati, hati memproduksi kolesterol dan membersihkannya dari tubuh, namun jika hati tidak bekerja dengan baik, akan kesulitan melakukan hal ini, sehingga meningkatkan risiko kolesterol tinggi.

BACA JUGA:Bank BSI Kembali Buka Lowongan Kerja Bagi Lulusan S1 dan S2 Melalui Program ODP, Cek Kualifikasinya Disini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: