Benarkah Minum Kopi Bisa Memicu Asam Lambung? Simak Penjelasan Berikut Agar Tidak Salah Paham

Benarkah Minum Kopi Bisa Memicu Asam Lambung? Simak Penjelasan Berikut Agar Tidak Salah Paham

Benarkah Minum Kopi Bisa Memicu Asam Lambung -freepik--

RAKYATBENTENG.COM - Kopi populer sebagai minuman sehat yang meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Namun, beberapa orang mengatakan bahwa kafein dapat memicu dan memperburuk penyakit gastroesophageal reflux (GERD) dan gejala sakit maag. 

Menurut Medical News Today, dokter dan kelompok kesehatan sering kali memberi tahu penderita sakit maag untuk membatasi atau menghindari minuman berkafein.

Gejala paling umum yang dialami penderita GERD adalah nyeri ulu hati atau rasa terbakar di dada. Namun, gejala-gejala ini bervariasi dalam jenis dan intensitasnya. 

BACA JUGA:Ini Dia Beberapa Film Hollywood Bertema Gaslighting, Dijamin Akan Mengaduk Emosi

BACA JUGA:Apakah Anda Masuk dalam Daftar Penerima Manfaat Pupuk Subsidi? Silakan Cek Disini

Namun, bukti ilmiah masih belum jelas mengenai apakah semua penderita GERD harus menghindari kopi dan teh. Lantas benarkah kopi bisa menimbulkan gejala sakit maag?

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013 menemukan bahwa penderita asam lambung sebaiknya menghindari kopi. Beberapa orang dengan refluks asam mengatakan bahwa minuman berkafein dapat memperburuk gejalanya, sementara yang lain mengatakan bahwa kafein tidak berpengaruh pada gejalanya.

Kondisi ini disebabkan oleh kafein, bahan utama kopi, dan terbukti menyebabkan mulas pada beberapa orang. 

Menurut Healthline, kafein dapat menyebabkan gejala sakit maag karena dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah (LES). 

BACA JUGA:Marak Modus Penipuan Jual Beli Mobil Bekas Skema Segitiga, Perhatikan Tips Berikut untuk Menghindarinya

BACA JUGA:Rekomendasi 3 HP Xiaomi Termurah Sejagad Raya, Kualitas Boleh Diadu

Sebuah studi tahun 2019 pada wanita menemukan bahwa minum kopi, teh, dan minuman ringan dikaitkan dengan peningkatan risiko GERD.

Sementara itu, minum air putih sebagai pengganti kopi, teh, atau soda dapat mengurangi risiko Anda. American College of Gastroenterology juga menganjurkan untuk menghindari makanan dan obat-obatan penyebab asam lambung, termasuk asam lambung.

Banyak pakar kesehatan mengatakan bahwa kafein dapat memperburuk gejala refluks, namun hanya ada sedikit bukti ilmiah yang mendukung hal ini. Sebuah penelitian tahun 2019 menemukan bahwa minum kopi atau minum teh tidak berhubungan dengan gejala refluks atau esofagitis erosif (EE).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: