Ini Tempat Bersejarah yang Ada di Mekkah, Sayang Dilewatkan Saat Beribadah Haji dan Umrah

Ini Tempat Bersejarah yang Ada di Mekkah, Sayang Dilewatkan Saat Beribadah Haji dan Umrah

ilustrasi--

Ini Tempat Bersejarah yang Ada di Mekkah, Sayang Dilewatkan Saat Beribadah Haji dan Umrah

RAKYATBENTENG.COM - Mekkah merupakan salah satu dari dua Kota Suci di Arab Saudi yang sering dikunjungi umat Islam untuk menunaikan ibadah haji dan umrah. 

Selain Masjidil Haram dan Ka'bah di dalamnya, masih banyak situs bersejarah lainnya yang dikunjungi untuk mempelajari sejarah Islam. 

Jika Anda berencana berangkat ke Mekkah untuk menunaikan umrah dalam waktu dekat, jangan lewatkan kesempatan mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Mekkah. Simak beberapa tempat terpopuler di Mekkah berikut ini.

BACA JUGA:Ormas Minta APH Turun Mengusut Dugaan Penerima Dana BOS Madrasah di Bengkulu Tengah Fiktif

BACA JUGA:Sederet Dugaan Kejanggalan Pengumuman Calon Paskibraka Bengkulu Tengah 2024

1. Masjidil Haram

Masjidil Haram merupakan masjid terbesar di dunia yang dibangun mengelilingi Kiblat Islam atau Ka'bah. Masjid ini diberi nama Haram karena terletak di tanah (wilayah) Haram yang juga merupakan nama Mekkah. 

Kata Haram berarti aktivitas tertentu yang dilarang di sana. Termasuk berburu, membawa senjata, membunuh makhluk hidup, bahkan merusak tanaman. Pembangunan Masjidil Haram tentu saja tidak lepas dari Ka'bah, dan keduanya bertingkat panjang.

Ka'bah pada awalnya dibangun oleh Nabi Adam AS sebagai pusat ibadah, namun hancur akibat banjir besar pada masa Nabi Nuh AS, dan dibangun kembali dalam bentuk aslinya selama berabad-abad oleh Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail. Berabad-abad Masjidil Haram masih sederhana dan belum dikelilingi tembok. 

Pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab atau sekitar 638 M tembok sekeliling Ka'bah dibangun. Seiring berjalannya waktu, tembok tersebut ditinggikan dan bangunan diperluas untuk menampung umat Islam yang beribadah di sana. Saat ini, Masjidil Haram tersebut memiliki kapasitas 2,5 juta orang untuk satu kali waktu salat.

BACA JUGA:Spacetop G1, Laptop dengan Layar Virtual Pertama di Dunia

BACA JUGA:Perbandingan Spesifikasi HP Murah 5G: Poco X6 5G vs Redmi Note 13 5G, Lebih Unggul Mana?

2. Bukit Shafa dan Marwa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: