Ini Tempat Bersejarah yang Ada di Mekkah, Sayang Dilewatkan Saat Beribadah Haji dan Umrah

Ini Tempat Bersejarah yang Ada di Mekkah, Sayang Dilewatkan Saat Beribadah Haji dan Umrah

ilustrasi--

Bukit Shafa dan Bukit Marwa merupakan dua tempat yang tidak dapat dipisahkan dalam rangkaian, atau rukun, atau sa'i, haji dan umrah. Jamaah haji dan umrah harus berlari kecil di antara kedua bukit tersebut sebanyak tujuh kali agar ibadahnya sah. 

Prosesi Sa'i mengingatkan kita pada perjuangan Siti Hajar, ibunda Nabi Ismail AS. Saat itu, ia kebingungan dan kembali dari Bukit Shafa menuju Bukit Marwa untuk mengambilkan air untuk bayinya yang kehausan, namun tidak membuahkan hasil. 

Dan ketika ia menaruhnya, Allah SWT memberinya air yang mengalir sangat deras melalui kaki kecil Ismail, air tersebut dinamakan air Zamzam. Tempat pertama kali dia muncul kemudian menjadi sebuah sumur yang tidak pernah kering.

BACA JUGA:Mau Beli Suzuki Jimmy? Berikut Beberapa Kelebihan yang Harus Diketahui

BACA JUGA:Ditjen Dukcapil Kemendagri Buka Lowongan Kerja untuk Posisi Ini, Simak Persyaratan dan Cara Daftarnya

3. Jabal Rahmah

Jabal dalam bahasa Arab berarti gunung atau bukit. Nah, Rahmah artinya kasih sayang. Jadi Jabal Rahmah itu gunungnya atau bukit kasih sayang. 

Pemberian nama ini tidak lepas dari pertemuan Nabi Adam AS dan Hawa dalam pertemuan di bumi 200 tahun setelah mereka turun dari surga yang melanggar perintah Allah SWT. 

Disebut Jabal Rahmah yaitu masa dimana cinta dan kasih sayang Nabi Ibrahim AS terhadap putranya Nabi Ismail AS diuji. Melalui mimpinya Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim AS sebanyak tiga kali untuk mengurbankan putra sulungnya. Di bukit inilah Nabi Ibrahim AS merenung dan menyadari bahwa mimpinya merupakan perintah mutlak dari Allah SWT.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Bank BRI Terbaru Juli 2024, Bisa untuk Fresh Graduate, Cek Persyaratan dan Cara Daftar Disini

BACA JUGA:Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru Infinix Smart 7: Pilihan Terbaik di Kelas Entry-Level

4. Arafah

Arafah merupakan padang yang sangat luas, atau lapangan yang tidak jauh dari Jabal Raham. Setiap tahunnya pada tanggal 9 Zulhijah, tempat ini menjadi salah satu rukun haji dan dijadikan tempat wukuf yang mampu menampung jutaan orang. 

Pada saat wukuf di Arafah, jamaah memanjatkan doa dan beribadah, serta memohon ampun kepada Allah SWT dan Muhasabah atau merenungkan diri. Banyak ulama yang mengatakan bahwa wukuf di Arafah ini merupakan simbol dari orang-orang yang berkumpul di Padang Mahsyar nanti.

5. Gua Hira

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: